Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2011

China Sapu Bersih di Kejuaraan Dunia

Fu Haifeng (kiri) dan Cai Yun
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Untuk dua kali beruntun, China melakukan sapu bersih di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2011. Negara Tirai Bambu tersebut menyabet lima kategori yang ada pada babak final yang berlangsung di Wembley Arena, London, Minggu 14 Agustus 2011.

China memastikan gelar pertama melalui ganda putri yang mempertemukan All China Final. Unggulan pertama Wang Xiaoli/Yu Yang sukses mengalahkan rekan senegaranya yang juga unggulan kelima Tian Qing/Zhao Yunlei dua set langsung 22-20 dan 21-11.

Final tunggal putra yang mempertemukan unggulan pertama asal Malaysia Lee Chong Wei melawan Lin Dan (China) berlangsung menarik. Lin Dan akhirnya sukses menyabet gelar keempatnya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis dengan kemenangan tiga set atas Chong Wei, 20-22, 21-14 dan 23-21.

Hasil tersebut membuat Chong Wei harus kembali memendam ambisi menyabet gelar Kejuaraan Dunia. Meski berpredikat sebagai pemain nomor satu dunia sejak 2008, Chong Wei belum pernah menjadi juara di Kejuaraan Dunia.

China memastikan gelar ketiganya melalui tunggal putri Wang Yihan, yang mengalahkan Shao Chieh Cheng dari Taiwan lewat dua set langsung 21-15 dan 21-10.

Ganda putra nomor satu dunia, Cai Yun/Fu Haifeng menjadi yang terbaik di Kejuaraan Dunia untuk tiga kali beruntun setelah mengalahkan ganda Korea Selatan, Sung Hyun Ko/Yeon Seong Yoo, 24-22 dan 21-16.

Sukses China ditutup oleh ganda campuran Zhang Nan/Zhao Yunlei yang mengalahkan pasangan gado-gado Chris Adcock/Imogen Bankier dengan 21-15 dan 21-7. Hasil ini membuat China melakukan sapu bersih di Kejuaraan Dunia Bulutangkis untuk kali kedua beruntun.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024