Sharapova Akui 10 Tahun Konsumsi Meldonium

Maria Sharapova merayakan gelar Prancis Terbuka 2014 di Menara Eiffel.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Maria Sharapova mengakui bila dia sudah mengkonsumsi meldonium sejak 10 tahun yang lalu. Maka dari itu, petenis cantik asal Rusia ini mengaku kaget bila dia dinyatakan gagal tes doping.

Sharapova mengungkapkan bila dia gagal lolos tes doping saat tampil di perempatfinal Australia tersebut kontra Serena Williams. Sharapova yang kalah di laga tersebut terbukti positif mengonsumsi meldonium.

Senyawa tersebut memang baru dilarang oleh Badan Anti Doping Dunia (WADA) dan Federasi Tenis Profesional (ITF) pada 1 Januari 2016. Alhasil, petenis berusia 28 tahun tersebut diskors mulai 12 Maret mendatang dan terancam hukuman berat sampai empat tahun.

Dia mengaku sudah menggunakan sejak 2006 silam, itu karena disarankan oleh dokter pribadinya. Walau begitu, Sharapova mengakui kesalahannya dan siap bertanggung jawab atas perbuatannya tersebut.

“Selama 10 tahun belakangan ini, saya menggunakan obat yang dinamakan mildronate atas saran dokter saya. Saya baru tahu bahwa obat yang saya gunakan merupakan nama lain dari meldonium, yang saya tidak ketahui sebelumnya,” ujar Sharapova, dilansir Guardian.

“Hal ini sangat penting bagi Anda untuk memahami bahwa selama 10 tahun obat ini tidak pada daftar larang WADA. Tapi pada 1 Januari aturan telah berubah dan meldonium menjadi zat terlarang yang saya tidak tahu. Saya gagal tes dan saya bertanggung jawab penuh untuk itu. Saya membuat kesalahan besar,” katanya.

Kejutan Lagi dari Tenis Olimpiade, Serena Williams Keok
launching Turnamen Tenis Indonesia Men's Future 2016

PB Pelti Gelar Turnamen Indonesia Men's Future 2016

Ada 17 negara yang akan ambil bagian dalam ajang ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016