Thomas Uber Cup 2016

7 Fakta Menarik Usai Denmark Raih Piala Thomas 2016

Selebrasi tim Denmark di Piala Thomas 2016.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id – Denmark sukses meraih Piala Thomas dalam edisi ke-29 tahun ini. Di babak final, Jan O Jorgensen cs berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor 3-2 di hadapan publik Kunshan Sport Center, China, Minggu 22 Mei 2016.

Jelang Olimpiade Tokyo, Jonatan Christie Fokus Non Teknis

(Baca juga: Ihsan Tersungkur, Piala Thomas Melayang ke Denmark)

Sebuah pencapaian yang cukup mengejutkan bagi Denmark, mengingat di ajang individu, prestasi mereka tidak terlalu gemilang. Praktis, sejak 2013 lalu, torehan pemain Denmark di kancah BWF Super Series dan ajang Kejuaraan Dunia tak terlalu mentereng.

Gila, Pembunuh Raja Raksasa Bentrok Raja Superseries di Spain Masters

Bahkan, pada 2015 lalu, negara Denmark hanya mengoleksi 2 gelar di turnamen berlevel Super Series. Namun, torehan tersebut rupanya berujung manis tahun ini dengan kemampuan Denmark mencetak barisan pilar tunggal putra tangguh yang begitu diandalkan.

Sejumlah fakta menarik pun tersaji usai Denmark merebut supremasi tertinggi bulutangkis beregu putra tersebut:

Jagoan Denmark Gagal Bendung Momota ke Semifinal

1. Keberhasilan Denmark ini merupakan torehan sejarah, di mana ini merupakan gelar perdana mereka sejak keikutsertaan Piala Thomas pertama pada 1949.

2. Sebelum keberhasilannya tahun ini, Denmark selalu gagal dalam 8 partai final sepanjang sejarah digelarnya Piala Thomas.

3. Denmark menjadi dua negara juara baru dalam dua edisi terakhir Piala Thomas. Pada 2014 lalu, Jepang juga sukses menjadi juara baru di tengah dominasi Indonesia, China dan Malaysia.

4. Denmark selalu kalah dalam 4 kali pertemuan dengan Indonesia di babak final, yakni pada edisi 1964 di Tokyo, 1973 (Jakarta), 1979 (Jakarta), dan 1996 (Hong Kong).

5. Sebelum final hari ini, kemenangan Denmark atas Indonesia di ajang Piala Thomas terjadi pada semifinal 2004 di Istora Senayan, Jakarta, juga dengan skor 3-2.

6. Denmark adalah tim yang menempati posisi 2 daftar unggulan di Piala Thomas ini dan juga menjadi yang terbaik dalam fase kualifikasi zona Eropa, Maret lalu.

7. Tercatat 3 kali partai tunggal terakhir jadi penyelamat Denmark untuk meraih kemenangan sejak memasuki fase knockout dalam Piala Thomas tahun ini. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya