Jokowi Pakai Baju Adat Lampung Dikoreksi Andi Arief, Netizen Terbelah!

Jokowi Mengenakan Pakaian Adat Lampung (Twitter/jokowi)
Sumber :

VIVA – Foto Jokowi mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung dikritik politisi asal Lampung Andi Arief viral di media sosial.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Unggahan foto Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung itu dibagikan Jokowi di akun Twitter-nya @jokowi, Selasa (17/8).

Dalam unggahan foto tersebut, Jokowi  tampak mengenakan pakaian adat dari Provinsi Lampung. 

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Saya pernah mengenakan busana adat Aceh, Minangkabau, Sunda, Jawa, Sasak, Bali, Bugis, dll. Kita sungguh kaya akan budaya. 

Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, tahun ini, saya mengenakan pakaian adat Pepadun dari Lampung," cuit Jokowi pada unggahan fotonya tersebut.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Sontak kolam komentar akun Jokowi ini dipenuhi suara netizen. Beragam persoalan bangsa dikirimkan ke kolom ini, meski begitu ada juga yang menyoroti pakaian yang dikenakan Jokowi.

Netizen yang mengaku dari Lampung memberikan apresiasi kepada Jokowi. "Saya org Lampung pak terimakasih pakaian adat kami bapak kenakan pada saat memperingati hari kemerdekaan indonesia ke 76, kami bangga kepada bapak luvvv yuuu pak jokowi," komentar @lty_bbu.

Namun, ada juga yang menyoal pemakaian adat Lampung yang dikenakan Jokowi dinilai salah dalam berbusananya. 

"Seperti halnya @Andiarief__: sbg warga Lampung tentu saya bangga Bapak mengenakan busana adat kami Lampung Pepadun. Yang jadi persoalan, apakah kemudian kami Masyarakat Adat Lampung Pepadun harus menyesuaikan utk mengikuti cara berbusana yang salah, agar Bpk Tidak Salahkan?" cuit @yoz_lpg.

Seperti diketahui dalam cuitan politisi Demokrat asal Lampung Andi Arief, ia menyebutnya ada koreksi atas busana yang dipakai Jokowi.

"Tentu sebagai asli Lampung saya senang baju adat dipakai Presiden Jokowi hari ini. Meski ada koreksi dikit, sepanjang yang saya tahu penggunaan kain tapis tidak dengan cara selempang selendang jika untuk laki-laki," cuit Andi Arief dikutip VIVA, Rabu (18/8).

Pada cuitan inilah kemudian membuat komentar netizen terbelah dalam menyikapi koreksi Andi Arief bahwa pemakaian tapis bukan seperti selendang.

Seorang netizen @DestaArdiyanto memberikan penjelasan kepada Andi Arief. Di Lampung itu ada 2 Jurai Adat, yakni Lampung Sai Batin dan Lampung Pepadun. 

"Bg Andi Arief ini Lampung Sai Batin, yang dipakai Presiden itu adat Lampung Pepadun. Sebagai tambahan yang dipakai Presiden Bukan tapis, tapi songket Lampung Pepadun Marga Sungkai Bunga Mayang," balas @DestaArdiyanto.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya