Mahasiswa Hukum di Spanyol Ukir Contekan 'KUHP' di 11 Pulpen, Niat Banget!

Ilustrasi membuat contekan.
Sumber :
  • http://be-gino.blogspot.com

VIVA Trending – Menyontek merupakan salah satu tindakan tidak terpuji, lantaran seseorang kerap melakukan perilaku maupun perbuatan curang untuk menghindari kegagalan hasil ujian maupun nilai akademis.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Tindakan ini sering kali dilakukan para pelajar agar bisa mendapatkan nilai yang terbaik saat ujian. Berbagai cara pun sering dilakukan pelajar agar bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Seperti salah satunya dengan menyontek.

Tidak main-main, menyontek ternyata juga punya triknya jika ingin benar-benar ingin mendapatkan hasil yang baik. Seperti salah satu trik menyontek yang cukup niat baru-baru ini dibagikan oleh Yolanda de Lucchi, seorang dosen di University of Malaga, Spanyol.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Ilustrasi menyontek.

Photo :
  • U-Report

Di mana, baru-baru ini dia mengunggah sebuah foto dengan gambar 11 pulpen yang berisikan contekan Criminal Procedure Law, seperti KUHP di Indonesia. Uniknya, muridnya tersebut telah berhasil menggoreskan catatan kecil di sekeliling pulpen tersebut agar bisa melakukan misinya yaitu menyontek.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Ya, dia adalah seorang mahasiswa hukum di Spanyol yang berhasil menemukan cara cerdik untuk menyontek dalam ujiannya. Di mana dia membuat contekan dengan menggoreskan jawaban secara artistik pada pulpen miliknya.

Triknya terungkap saat dosen mahasiswa Yolanda de Lucchi membagikan pulpen yang disita dari mahasiswa tersebut, di media sosialnya. Lucchi, yang mengajar di Universitas Malaga, mengatakan bahwa mahasiswa itu mengukir fakta dari Hukum Acara Pidana ke 11 pulpen miliknya.

“Pena close-up benar-benar menunjukkan keterampilan siswa, yang jelas menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk teknik menyontek yang menarik,” lapor Oddity Central .

Pulpen contekan

Photo :

Dengan cepat, unggahannya pun mendadak viral di Twitter dan ada seorang netizen mengaku mengetahui siapa murid yang membuat "mahakarya" contekan tersebut.

Seorang pengguna media sosial menanggapi postingan Lucchi dan mengaku mengenal siswa yang membuat pulpen tersebut. Pengguna Twitter mengatakan siswa itu telah mengganti ujung grafit pensil mekanik dengan jarum untuk menggores pulpennya.

Pulpen yang digunakanya tersebut kemudian diatur agar tidak terlalu mencolok dan lebih mudah dibaca selama ujian berlangsung. Hal ini dilakukan agar tidak membuat pengawas curiga.

Sejak dibagikan, postingan tersebut telah menerima 3,8rb like dan lebih dari 24.000 retweet. Beberapa pengguna menunjukkan hal yang jelas jika murid tersebut akan melakukan banyak upaya ini, dia harus belajar saja sementara yang lain mengaitkan cerita dengan kesalahan mereka sendiri.

"Saya hanya bisa menyimpulkan bahwa itu adalah prosedur kriminal dengan mengambil foto dan memperbesar," tulis seorang pengguna.

Yang lain berkata, "Seperti yang Anda lihat bahwa mereka masih muda, bahwa dengan presbiopia tidak terbaca."

Menurut laporan dari Metro.co.UK, mahasiswa yang mengaku melakukan trik curang ini diidentifikasi dengan nama Gonzo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya