Penumpang Keluhkan AC Pesawat Mati, Batik Air: Ada Gangguan Pasokan Daya Listrik

Penumpang Batik Air ngamuk gegara ac mati
Sumber :
  • Instagram @tante.rempoong.official

VIVA Trending – Video penumpang pesawat Batik Air rute penerbangan Kuala Lumpur-Jakarta marah karena pendingin udara atau air conditioner (AC) pesawat mati viral di media sosial baru-baru ini.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Melalui video yang beredar terlihat penumpang yang marah itu bahkan mengajak penumpang lain untuk bertemu dengan pilot dan memastikan bahwa pesawat Batik Air yang mereka tumpangi aman untuk terbang.

Ilustrasi Pesawat Batik Air.

Photo :
  • VIVAnews/Sherly
5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Selain itu, penumpang tersebut juga mendesak Batik Air untuk membuat surat pernyataan tertulis yang menyatakan bahwa pesawat yang mereka tumpangi aman untuk terbang.

Saat dikonfirmasi Corporate Communications Strategic of Batik air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan bahwa benar kejadian itu berada di pesawat Batik Air, diapun meminta maaf atas kejadian tersebut.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

“Batik Air member of Lion Air Group menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyaman yang terjadi kepada tamu," ungkap Danang saat dihubungi awak media, Kamis, 13 April 2023

Menurut Danang, pihaknya sudah menjelaskan kepada penumpang secara jelas dan transparan terkait situasi tersebut hingga memberikan solusi alternatif kepada penumpang tersebut.

Dia menjelaskan penyebab AC mati itu karena Ground Power Unit (GPU) yang tidak bekerja secara maksimal atau dikenal dengan ground power issue sehingga pesawat kurang terasa dingin dan lampu sempat padam seketika.

Ilusrasi pesawan Batik Air.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)

Ground power issue adalah gangguan yang terjadi pada pasokan daya listrik yang diberikan pada pesawat melalui GPU saat pesawat sedang parkir di darat,” kata dia

Kendala itu, lanjutnya, dapat berupa GPU tidak mampu memberi pasokan listrik yang cukup kepada pesawat atau terjadi indikasi kegagalan pada sistem kelistrikan yang menyebabkan pasokan daya listrik terganggu.

Adapun Ground Power Unit (GPU) merupakan peralatan yang terpisah dari pesawat dan berfungsi sebagai pemasok kelistrikan dari luar pesawat. Benda ini biasanya terletak di area parkir pesawat dan dihubungkan melalui kabel listrik.

Pesawat Batik Air

Photo :
  • Instagram/@astridrianr

Dalam operasinya, GPU dikendalikan oleh operator ground handling dan bukan oleh awak pesawat. Operator ground handling bertanggung jawab untuk memastikan bahwa GPU berfungsi dengan baik dan pasokan daya listrik yang disediakan sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, kata Danang, diperlukan komunikasi yang baik antara operator ground handling dengan awak pesawat, tujuannya untuk memastikan pasokan listrik memenuhi standar.

Terakhir, dia memastikan pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LBS yang dikeluhkan penumpang dalam video viral itu tetap aman dioperasikan.

"Kendala yang terjadi pada ketidak-maksimalan kinerja GPU telah diatasi dengan segera dan tidak mempengaruhi keselamatan penerbangan," pungkasnya

Pesawat Batik Air cium mesra mobil ground handling.

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya