Ini Dia 3 Orang di Muka Bumi yang Bebas Paspor atau Visa Jika Mau ke Luar Negeri

Raja Charles III dan permaisuri Camilla resmi diberi Mahkota Raja dan Permaisuri
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

VIVA Trending– Seperti diketahui, paspor merupakan dokumen wajib untuk pergi ke luar negeri. Meski begitu, rupanya ada tiga orang di dunia ini yang tidak memerlukan paspor meski harus melakukan perjalanan ke luar negeri. Mereka tak butuh paspor karena memiliki gelar istimewa. 

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini

Aturan tersebut berlaku untuk raja atau ratu Inggris Raya pendahulu Raja Charles III. Begitu pula dengan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, para pendahulu kaisar dan permaisuri Jepang tidak membutuhkan paspor jika akan melakukan perjalanan ke luar negeri. 

Alih-alih membawa paspor seperti masyarakat lain di dunia ini, Raja atau Ratu Kerajaan Inggris biasanya akan membawa dokumen yang dikeluarkan atas nama mereka sendiri. Dokumen tersebut menyatakan bahwa: 

5 Potret Dua Lipa Pancarkan Kekuatan Bintang dalam Lacy Ensemble di Time 100 Gala

Raja Charles III dan permaisuri Camilla resmi diberi Mahkota Raja dan Permaisuri

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

"Sekretaris Kerajaan Inggris meminta atas nama Yang Mulia agar semua orang yang berkepentingan untuk mengizinkan pembawa dokumen ini melewati wilayah mereka dengan bebas tanpa hambatan atau halangan dan untuk memberi bantuan dan perlindungan yang mungkin diperlukan."

Sambut World Water Forum, Ditjen Imigrasi Permudah Visa hingga Siapkan Jalur Khusus

Sementara untuk Jepang, dokumen kementerian tertanggal 10 Mei 1971 mengatakan bahwa akan sangat tidak pantas mengeluarkan paspor untuk Kaisar dan Permaisuri. Dokumen itu menambahkan bahwa sangat tidak pantas jika Kaisar menjalani prosedur imigrasi atau visa

Di sisi lain, istri Raja Inggris Permaisuri Camilla tak memiliki hak yang sama dan tetap harus memiliki paspor diplomatik. Dalam kasus Jepang, paspor diplomatik itu dikeluarkan untuk anggota keluarga Kekaisaran lainnya, termasuk putra mahkota dan putri. 

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di Indonesia

Photo :
  • Willy Kurniawan/Pool Photo via AP

Kemudian untuk Jepang, Kaisar dan Permaisuri hanya diminta untuk menyimpan dokumen kementerian untuk diri mereka sendiri. Seperti Inggris, kementerian luar negeri di Jepang memberi tahu negara yang dituju sebelum Kaisar dan Permaisuri tiba. 

Raja Charles III mempercayakan sekretaris pribadinya, Sir Clive Alderton untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut. Menurut sebuah sumber, Sir Clive Alderton sudah menjadi penasihat terpercaya dan paling dicintai Raja dan Ratu sejak 2006 setelah pernikahan mereka tahun 2005. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya