Seorang Ibu Tega Buang Bayi di Halte Bus dengan Sepucuk Surat: Ekonomi Kita Tak Cukup

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • https://www.mustelausa.com/

Makassar – Viral di media sosial yang memperlihatkan seorang ibu tega membuang bayinya di sebuah halte bus. Bukan hanya meninggalkan si kecil, ibu itu juga meninggalkan sepucuk surat berisi pesan menyentuh. Dalam surat itu, ia menulis alasan mengapa tega membuang sang anak

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Kabar bayi ditinggal di halte bus itu diunggah oleh pemilik akun Instagram @giladiskonn pada Rabu, 9 Agustus 2023. Saat ditemukan, bayi tersebut dalam keadaan dibungkus selimut berwarna hitam. Bayi malang itu ditemukan dengan susunya, tisu basah, dan pakaian bayi. 

Selain itu, sang bayi juga terlihat menggunakan sebuah gelang dan beberapa surat yang ditinggalkan oleh orang tuanya. Dalam surat itu, orang tua bayi memohon kepada siapa saja yang menemukan anaknya untuk memberikan kepada orang yang ingin kehadiran anak. 

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Sepucuk Surat dari Ibu yang Tega Meninggalkan Bayinya di Halte Bus

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Selain itu, sang ibu juga menyertakan nama dan informasi lainnya yang dicatat dalam surat tersebut. "Siapapun yang menemukan bayi ini tolong berikan yang ingin punya anak," tulis sang ibu seperti dilansir dari akun Instagram @giladiskonn. 

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Dalam surat yang sama, orang tua sang bayi juga mengakui bahwa dirinya masih memiliki rasa sayang yang sangat mendalam untuk anak tersebut. Namun, karena keterbatasan ekonomi mengharuskan mereka untuk meninggalkan bayi tersebut di halte. 

“Jadi anak yang kuat ya sayang. Maafin kita, ekonomi kita tidak cukup buat besarin kamu nak… Tapi mama sangat sayang kamu nak. Kamu seperti pelangi buat kita, nak,” lanjut tulisan dalam surat tersebut.

Selain itu, ibu yang identitasnya masih belum diketahui itu juga memberikan panduan lengkap saat akan merawat sang anak. Mulai dari cara menidurkan sang anak supaya tidur pulas hingga cara untuk memberikan susu. 

"Kalo dibedong jangan masukin tangannya karena dia tidak suka dan dia biar dia tidur nyenyak. Kalau dia terbangun saat tidur, periksa BAB/tidak, kasih susu lalu peluklah, dia suka dipeluk. Kalau rewel coba gendong dan ajak jalan,” tulisnya. 

Ilustrasi bayi

Photo :
  • https://www.mustelausa.com/

Selain gelang, sang ibu juga meninggalkan sebuah gelang. Ia kemudian berpesan kepada calon orang tua bayi supaya tidak membentaknya jika rewel. "Tolong jaga gelangnya, dia ini anak pintar. Tolong jangan marahin dia dan kasih nada tinggi saat dia rewel," sambungnya.

Menurut Informasi yang beredar, bayi tersebut ditemukan oleh seorang pengendara motor di halte bus di wilayah Kalibone, Jalan Poros Makassar, Pare-Pare. Bayi itu diperkirakan masih berusia sekitar empat hari sejak ditemukan. 

Sampai saat ini, belum diketahui bagaimana perkembangan kondisi bayi tersebut. Namun, beberapa warganet yang melihat unggahan tersebut sontak saja meninggalkan beragam komentar di akun Instagram tersebut. 

“Kalau ekonomi belum cukup jangan adain anak dulu lah biar ga sengsara anaknya.”

“Bukannya ga simpati ya tapi banyak juga kok yg ekonominya ga cukup banget tapi ga buang anaknya. Apa ya bilang aja ga mau susah payah jaga anaknya. Taruh di halte bus ga mikir apa banyak debu banyak asap,” tulis warganet. 

“Mohon maaf, kita gak tau bagaimana kondisi yg dihadapi setiap orang, tapi kalau secara sadar kalian merasa belum mampu merawat anak silahkan ke puskesmas minta KB, pemerintah punya program KB gratis kok,” timpal yang lain. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya