Ekspresi Sandiaga Uno Saat Namanya Disebut Megawati Bukan Sebagai Cawapres Ganjar

Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri telah resmi menunjuk Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo. Ia akan mendampingi Ganjar dalam kontestasi pemilu 2024 mendatang. 

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

Pengumuman calon wakil presiden dari PDIP tersebut tentu saja ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat, baik pendukung Ganjar maupun pendukung capres lain. Mahfud MD sendiri masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Sebelum mengumumkan nama Mahfud MD, Megawati sempat menyapa satu per satu tokoh yang hadir dalam rapat konsolidasi parpol pendukung Ganjar di kantor DPP PDI Perjuangan. Pertama kali ia menyebut Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono. 

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Kemudian dilanjutkan dengan Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang, kemudian Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe, lalu pengurus DPP PDIP yang juga anak Megawati, yakni Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Megawati Instruksikan Ita Maju Pilwakot Semarang

Nama berikutnya adalah Arsjad Rasjid yang menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPNGP). Nah, yang cukup menarik dalam kesempatan adalah ketika Megawati menyebut sosok Sandiaga Uno yang saat ini menjadi Menparekraf. 

"Pak Sandiaga Uno. Jadi, pasti banyak yang menanya, kenapa Pak Sandiaga Uno hadir di sini? Jangan lupa, lo, beliau adalah PPP," kata Megawati di DPP PDIP Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 18 Oktober 2023 lalu. 

Saat namanya disebutkan oleh Megawati, Sandiaga Uno yang mengenakan peci berwarna hitam dan terdapat logo PPP itu tampak tersenyum lebar. Sandiaga Uno sendiri disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk mendampingi Ganjar Pranowo. 

Megawati Soekarnoputri, Pengumuman cawapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namanya juga sering muncul dalam berbagai lembaga survei sebagai kandidat cawapres. Bahkan, parpol berlambang Kabah itu tetap mengusulkan Sandiaga Uno sebagai cawapres pendamping Ganjar yang diputuskan dalam rapat harian DPP PPP. 

Namun, Megawati Soekarnoputri sebagai pemegang kendali koalisi tersebut tidak memilih Sandiaga untuk mendampingi Ganjar sebagai cawapres dalam Pemilu 2024 nanti. Ia memilih Mahfud MD karena berbagai pertimbangan. 

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar pranowo, adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD" kata Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya