Penyebab Zhafirah Zahrim Meninggal, Diduga Akibat Luka Bakar 41 Persen

Korban Erupsi Gunung Marapi, Zhafirah Zahrim Febrina meninggal dunia
Sumber :
  • TikTok: tingkiyuff

Padang – Kabar duka datang dari salah seorang korban erupsi Gunung Marapi yang terjadi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Minggu, 3 Desember 2023, yaitu Zhafirah Zahrim Febrina. Ia dinyatakan meninggal dunia pada Minggu, 17 Desember 2023 tepat dua minggu usai kejadian. 

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Kepergian perempuan yang akrab disapa Ife itu membuat korban meninggal dunia akibat erupsi Marapi bertambah jadi 24 orang. Hal ini diketahui dari sejumlah informasi yang beredar di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram Politeknik Negeri Padang. 

"Innalillahiwainna ilaihirojiun Telah berpulang kerahmatullah Zhafirah Zahrim Febrina (Ife) Mahasiswa Politeknik Negeri Padang korban Erupsi Gunung Merapi sore ini sekira pukul 17.45 WIB di RSUP. M. Djamil Padang,” tulis keterangan tersebut.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Korban Erupsi Gunung Marapi, Zhafirah Zahrim Febrina meninggal dunia

Photo :
  • TikTok: tingkiyuff
Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

“(Ife meninggal) Setelah menjalani perawatan akibat luka bakar yang menimpa beliau. Mari kita doakan, semoga Almarhumah diampuni dosanya, diterima seluruh amal ibadahnya, dan ditempatkan di Surganya Allah SWT. Aamiinn,” lanjut keterangan tersebut.

Diketahui, salah satu korban bernama Zhafirah itu mengalami luka bakar hampir 41 persen dan dirawat secara intensif di ruangan ICU. Namun kini, korban berada di rumah duka di daerah Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Ife akan dimakamkan di pemakaman keluarga.

Sebelumnya, pendaki perempuan itu diketahui sempat mengirimkan pesan kepada sang ibunda. Video itu terekam ketika dia terkena hujan abu vulkanik di sekujur tubuhnya. Akhirnya, video tersebut viral di media sosial hingga menuai simpati warganet. 

Pendaki terjebak di Gunung Marapi

Photo :
  • Facebook Mac Lelo

“Bu Ivy udah nggak kuat bu, badan Ivy menggigil, kepala Ivy udah berdarah, tangan Ivy patah, bu tolong cariin bantuan," kata Ife dalam video tersebut. Setelah itu, ia berkata "Bu baterainya udah lemah nggak aktif, cari aja di titik terakhir dan jalan lurus ke depannya,".

Untuk diketahui, erupsi Gunung Marapi tersebut mengakibatkan dampak yang signifikan bagi wilayah sekitarnya. Tercatat sebanyak 14 dari 16 kecamatan di wilayah tersebut terdampak hujan abu vulkanik dan batu yang berasal dari kawah gunung Marapi. 

Saat kejadian, gunung yang berstatus level II atau waspada itu sedang didaki oleh 75 orang. Ada banyak korban meninggal dunia dalam kejadian tersebut. Tercatat 24 orang diantaranya meninggal dunia sedangkan 51 orang diantaranya selamat dalam kejadian tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya