Kondisi Miris Ratusan Anjing Sitaan di Semarang, Ada yang Kena Cacing Jantung Hingga Malnutrisi

Ratusan anjing diamankan petugas kepolisian Semarang di Tol Kalikangkung.
Sumber :
  • VIVA | Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Dinas Pertanian Kota Semarang terus mengawasi kondisi ratusan anjing yang diamankan petugas kepolisian Semarang di jalan tol Kalikangkung beberapa waktu lalu. Diduga, anjing-anjing itu diamankan karena akan dibawa ke pejagalan anjing di wilayah Solo Raya.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Sub Koordinator Keswan dan Kesmavet Dispertan Kota Semarang, Irene Natalia Siahaan menjelaskan, sejak penampungan pertama, anjing-anjing itu ada yang terkena jerat tali di mulut dan leher, dan yang paling banyak adalah malnutrisi.

Pihaknya bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) bakal terus menerjunkan dokter dan paramedis untuk menjaga kesehatan anjing.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

"Kami mengecek kesehatan, pemberian injeksi vitamin, obat kutu dan pengobatan karena ada yang terluka. Jadi sejak penampungan pertama kami juga sudah membantu melepas, ada jerat tali di mulut dan leher terutama mereka banyak malnutrisi,” jelasnya di Semarang, Selasa 9 Januari 2024.

Selain itu, lanjutnya, ada beberapa anjing yang teridentifikasi terkena penyakit cacing jantung. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi daging anjing karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang gawat.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

“Untuk yang cacing jantung, dari hasil rapid di salah satu klinik Kota Semarang didapati, tetapi anjing sudah meninggal. Sementara kami dari Dinas mengirimkan 11 ekor anjing yang mati, kami sudah kirim sampel untuk cek rabies,” ungkapnya.

Detik-detik Polisi Mengamankan Truk Bermuatan Ratusan Anjing

Photo :
  • Instagram: ananta_lie

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta agar anjing-anjing tersebut bisa terus dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak lagi mengkonsumsi daging anjing karena dapat membahayakan kesehatan.

“Penyakit ini, cacing jantung, bisa berakibat sakit dan kematian dan harus dihindari. Selain itu penyakit yang ditularkan akibat mengkonsumsi daging anjing juga bisa rabies. Jateng sudah bebas rabies, kalau terjadi sangat disayangkan,” tegasnya.

Ratusan anjing diamankan petugas kepolisian Semarang di Tol Kalikangkung.

Photo :
  • VIVA | Teguh Joko Sutrisno

Laporan: Teguh Joko Sutrisno (tvOne)

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya