Ledakan Dahsyat Guncang Hotel Bersejarah di Texas, Nyaris Runtuh dan Makan Korban Luka

Hotel Texas diguncang ledakan
Sumber :

VIVA Dunia – Sebuah ledakan terjadi di sebuah hotel bersejarah Texas di Fort Worth, Selasa, 9 Januari 2024 waktu setempat. Ledakan dahsyar itu menghancurkan jendela, mengotori jalan-jalan pusat kota dengan sebagian besar puing-puing bangunan hingga melukai 21 orang, termasuk satu orang lainnya yang berada dalam kondisi kritis, kata pihak berwenang.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Ledakan itu menghempaskan pintu-pintu dan seluruh bagian dinding ke jalan di depan hotel berlantai 20 tersebut, di mana pihak berwenang mengatakan tim penyelamat menemukan beberapa orang terjebak di ruang bawah tanah. 

15 orang dibawa ke rumah sakit, termasuk enam orang yang kondisinya digambarkan sebagai “semi-kritis” oleh MedStar, yang menyediakan ambulans dan layanan medis darurat di Fort Worth.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Pihak berwenang tidak mengindikasikan ada orang yang hilang tetapi petugas pemadam kebakaran mengatakan, pada Senin malam bahwa mereka akan terus melakukan pencarian di gedung tersebut.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Lebih dari dua lusin kamar ditempati di Sandman Signature Hotel pada saat itu, kata para pejabat. Pihak berwenang mengatakan mereka yakin kebocoran gas menyebabkan ledakan yang terjadi pada sore hari di awal minggu kerja dan mengatakan hotel tersebut sedang menjalani konstruksi.

“Ada puing-puing. Ada isolasi. Ada perabot kantor,” Charlie Collier, 31, dikutip dari The Associated Press.

Dia sedang bekerja di dekatnya ketika dia mengatakan dia melihat kilatan cahaya besar dan terdengar seperti guntur.

“Segala sesuatu yang ada di beberapa lantai pertama gedung itu meledak di seluruh jalan,” katanya.

Sandman Signature Hotel berada di kawasan sibuk di pusat kota, sekitar satu blok dari Fort Worth Convention Center. Rekaman dari helikopter berita menunjukkan petugas pemadam kebakaran berusaha melewati tumpukan dinding kering, pecahan kaca, dan pecahan logam yang menutupi jalan di luar hotel. Pihak berwenang mendesak masyarakat untuk menghindari daerah tersebut.

Hotel bersejarah di Texas

Photo :
  • Istimewa

Craig Trojacek, juru bicara Departemen Pemadam Kebakaran Fort Worth, mengatakan sebuah restoran di gedung tersebut sedang dibangun namun belum diketahui secara pasti di mana ledakan itu terjadi.

Rebecca Martinez termasuk di antara mereka yang berada di gedung-gedung terdekat yang ingat pernah mendengar suara retakan keras dan melihat dinding debu dan puing-puing menyapu jalan-jalan kota. Saat melangkah keluar untuk melihat apa yang terjadi, dia bertemu dengan seorang pria dan seorang wanita yang sedang bersandar di hidran kebakaran.

“Pria itu berlumuran darah, wajahnya berlumuran darah,” kata Martinez. 

“Kemudian saya mulai mencium bau gas alam, sangat menyengat dan saya berpikir, 'Saya mungkin harus pergi dari sini.'”

Beberapa saat kemudian, katanya, pihak berwenang mengevakuasi gedungnya dan beberapa lingkungan sekitarnya. Paula Snider, sopir pengiriman UPS, sedang melakukan penjemputan di dekatnya ketika dia mengatakan dia mendengar ledakan besar dan melihat kepulan asap hitam. Sepotong besar jeruji logam mendarat di bawah truknya dan satu lagi jatuh di dekatnya.

“Saya melompat keluar dan mulai berlari,” katanya.

Kabut kelabu menutupi jalan-jalan yang biasanya sibuk di pusat kota Fort Worth saat petugas pemadam kebakaran berjalan melewati lapisan puing. Sisa-sisa bangunan berserakan di jalan dan di atas kendaraan yang diparkir, dan lubang-lubang menganga terlihat di tanah.

Trojacek mengatakan para penyelidik bekerja sama dengan penyelidik federal untuk menentukan penyebab ledakan tersebut. Kejadian tersebut membuat tim penyelamat tidak dapat segera mencapai beberapa bagian bangunan.

“Kami mendapat laporan mengenai orang-orang yang terjebak di ruang bawah tanah, dan karena ledakan yang terjadi, beberapa area akses ditutup atau pada saat itu tidak terasa aman untuk membawa orang ke dalamnya,” kata Trojacek.

Teknisi dalam ini distributor gas alam ini .yang berbasis di Dallas, sedang memeriksa lokasi ledakan pada hari Senin. Seorang juru bicara Komisi Kereta Api Texas, regulator minyak dan gas negara bagian itu, mengatakan seorang inspektur lembaga juga berada di lokasi kejadian dan bekerja sama dengan pihak berwenang setempat.

Northland Properties Co., perusahaan Kanada yang memiliki hotel tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya sedang bekerja sama dengan para pejabat untuk mengetahui bagaimana ledakan itu terjadi dan seberapa besar kerusakan yang ditimbulkannya.

“Keselamatan dan kesejahteraan anggota tim dan tamu kami adalah prioritas kami,” kata perusahaan itu. “Kami bekerja sama dengan mereka yang terluka untuk memberikan dukungan penuh kepada mereka saat ini.”

Menurut situs web hotel, Sandman Signature Fort Worth Downtown Hotel memiliki 245 kamar dan dibangun pada tahun 1920 sebagai "Gedung Waggoner", dinamai menurut nama peternak sapi dan pengusaha minyak William Thomas Wagoner. Bangunan ini telah terdaftar menjadiTempat Bersejarah Nasional sejak 1979.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya