Penampilan Terkini Pemeran Film Hits India 1988 Gangaa Jamunaa Saraswathi, Mithun Chakraborty

Mithun Chakraborty di Poster film hits India 988, Gangaa Jamunaa Saraswathi.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Gangaa Jamunaa Saraswathi merupakan film aksi romantis India tahun 1988 yang disutradarai oleh Manmohan Desai dan diproduksi oleh S. Ramanathan.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Film ini dibintangi sejumlah bintang papan atas India seperti Amitabh Bachchan (Ganga), Meenakshi Sheshadri (Jamuna), Jaya Prada (Saraswati). 

Tidak hanya itu, film Gangaa Jamunaa Saraswathi juga didukung oleh aktor top lain sebagai pemeran pembantu, seperti Mithun Chakraborty, Nirupa Roy, dan Amrish Puri.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Film ini dirilis pada tanggal 23 Desember 1988 dengan respon luar biasa yang kemudian sayangnya turun menyusul ulasan negatif yang diterimanya. 

India Today pada bulan Januari 1989 melaporkan peminat film ini merosot di minggu kedua penayangan yang mengakibatkan film tersebut dinyatakan gagal di box office, meskipun menjadi film terlaris ke-9 pada tahun 1988. 

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Namun film tersebut tetap berhasil meraih keuntungan finansial ketika ditayangkan ulang pada tahun 90an di sejumlah negara. Salah satunya Indonesia.

Mithun Chakraborty di Poster film hits India 988, Gangaa Jamunaa Saraswathi.

Photo :
  • IMDb

Film ini sekaligus kian melambungkan nama salah satu bintangnya, Mithun Chakraborty. Termasuk di Indonesia. Meski nama Mithun sebenarnya sudah berkibar di industri film India sejak awal era 1970-an.

Seperti apa profil Mithun Chakraborty dan bagaimana kabarnya terkini?Berikut ulasannya:

Profil Mithun Chakraborty

Aktor yang bernama asli Gouranga Chakraborty itu lahir pada 16 Juni 1950. Dia dikenal sebagai aktor, produser, dan politikus India.

Mithun Chakraborty merupakan mantan Anggota Parlemen Rajya Sabha. Dia juga adalah penerima tiga Penghargaan Film Nasional untuk penghargaan aktor terbaik.

Mithun Chakraborty memulai debut aktingnya lewat film drama Mrigayaa (1976), di mana ia memenangkan Penghargaan Film Nasional pertamanya untuk Aktor Terbaik.

Mithun Chakraborty

Photo :
  • Mirchi Plus

Nama Mithun Chakraborty kian berkibar saat memerankan Jimmy dalam film Disco Dancer tahun 1982, yang sukses besar di box office di India dan Uni Soviet. 

Selain Penari Disko, Chakraborty juga dikenang karena penampilannya dalam film seperti Surakksha, Wardat, Shaukeen, Wanted, Boxer, Gangaa Jamunaa Saraswathi, hingga Jallaad.

Setelah masa kemunduran industri film India di akhir 1990-an dan awal 2000-an, Mithun tampil di beberapa film terkenal seperti Guru, Golmaal 3,dan File Kashmir.

Pada tahun 1991, ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Pendukung Terbaik atas perannya sebagai Krishnan Iyer Nariyal Paniwala dalam film Agneepath. 

Ia kemudian memenangkan dua Penghargaan Film Nasional lagi atas penampilannya dalam Tahader Katha (1992) dan Swami Vivekananda (1998). 

Mithun Chakraborty telah muncul di lebih dari 350 film, termasuk Bengali, Hindi, Odia, Bhojpuri, Tamil, Telugu, Kannada, dan Punjabi. 

Dia adalah pemegang rekor dalam Limca Book of Records untuk 19 rilis film sebagai aktor utama pada tahun 1989 dan rekor tersebut masih belum terpecahkan di Bollywood pada Juli 2022.

Chakraborty memiliki Monarch Group, yang mempunyai kepentingan di sektor perhotelan dan pendidikan. Dia juga memulai rumah produksi Paparatzy Productions. 

Pada tahun 1992, ia, bersama Dilip Kumar dan Sunil Dutt, mendirikan sebuah yayasan untuk membantu aktor yang membutuhkan yang disebut Cine & T.V Artistes Association (CINTAA). 

Ia juga merupakan Ketua dari Film Studios Setting & Allied Mazdoor Union, yang mengurus kesejahteraan para pekerja bioskop dan menyelesaikan tuntutan dan masalah mereka. 

Acara televisi Dance India Dance dimana Chakraborty adalah Grand Masternya telah masuk dalam Limca Book of Records dan Guinness World Records. 

Chakraborty memainkan peran penting sebagai mediator antara Pranab Mukherjee dari Kongres Nasional India dan Mamata Banerjee, memenangkan dukungan Mukherjee dari partai Banerjee, Kongres Trinamool Seluruh India, dalam pemilihan presiden India 2012. 

Ia bergabung dengan Partai Bharatiya Janata (BJP) pada 7 Maret 2021, menjelang pemilihan Majelis Legislatif Benggala Barat 2021.

Meski saat ini sudah menginjak usia 73 tahun dan terjun di dunia politik, industri film India yang telah membesakan namanya, tidak ditinggalkan. Pada 2023 lalu, dia ikut terlibat sebagai pemeran dalam film berjudul Kabuliwala.

Hanya saja, Mithun tampak tertutup soal kehiduoan pribadinya. Dia tidak terlalu aktif di media sosial. Di Instagram, akun pribadinya (@mithunchakrabortyofficial) hanya mengunggah satu video pada 2021 silam.

Sementara di akun X, dia terakhir kali mengunggah postingan pada 2021 juga. Saat itu dia mengomentari situasi panas pasca pemilu di India.

"Bengal terbakar sejak pasca pemilu. Tolong hentikan kekerasan ini, nyawa manusia lebih penting daripada politik, Tolong pikirkan keluarga mereka dan hentikan kekerasan ini," tulisnya.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya