Terungkap Makna Salam Metal Tiga Jari Ganjar-Mahfud, Bikin Adem Hati

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD
Sumber :
  • YouTube

VIVA Trending – Ketiga calon presiden Republik Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing dalam mengkampanyekan kegiatannya, salah satunya dengan mengenalkan salam jari kepada para pendukungnya.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Begitupun dengan paslon nomor urut 3 yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang memiliki salam tiga jari ala musisi metal yang menjadi ikon pasangan capres yang diusung PDIP tersebut. Tak dipungkiri, salam tiga jari yang ditujukan paslon nomor urut 3 ini awalnya menuai kritik lantaran dianggap kurang pantas.

Namun, Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa salam tiga jari milik timnya tersebut lebih dari sekadar 'Menang total' atau disingkat dengan metal. Baru-baru ini hal tersebut diungkapkan oleh capres RI 2024 Ganjar Pranowo, bahwa maksud dari tiga jari yang ditunjukan bagi pendukungnya tersebut memiliki makna yang lain.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Salam yang terdiri dari jari kelingking, telunjuk hingga jempol ke atas ini memiliki makna mendalam bagi orang-orang yang kerap menggunakan bahasa isyarat atau orang-orang tuli berkomunikasi.

Makna di balik salam metal tiga jari yang jadi ciri khas capres-cawapres paslon nomor urut 3 ini memiliki arti 'I Love You' atau aku cinta padamu. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Ganjar Pranowo usai melakukan debat capres pamungkas pada Minggu, 4 Februari 2024 lalu. 

Lucu Jika Kubu 01 dan 03 Gabung ke Prabowo, Pakar: Haram Hukumnya, Mereka kan Nuduh Curang

“Saya dan Pak Mahfud mendorong dengan ‘Revolusi Cinta’, katanya, Jadi, kalau tadi kami menyampaikan ini metal (sambil mengacungkan telunjuk, kelingking, dan jempol bersamaan) itu, ya menang total” beber ayah dari Alam Ganjar tersebut saat ditemui awak media dikutip dari akun Instagram @lambe_turah pada Selasa 6 Februari 2024.

“Tapi, sebenarnya kami dikasih pelajaran dari teman-teman kelompok tuli yang mengatakan ‘I (kelingking), Love (jempol & telunjuk), You (jempol & kelingking). Dan itu adalah ini (sambil mengacungkan telunjuk, kelingking, dan jempol bersamaan),” katanya lebih lanjut.

Lebih lanjut, Ganjar Pranowo juga mengungkapkan bahwa dirinya ingin menyampaikan pesan kepada  kelompok tuli agar bisa mendapatkan kesetaraan perlakuan.

“Sebuah ungkapan dari mereka, agar dia bisa mendapatkan kesetaraan akses yang sama,” tandasnya.

Hal yang sama juga turut diungkapkan oleh tokoh publik, Angkie Yudistia dalam akun Instagram istri Ganjar Pranowo @Atikoh.s. Dalam video yang dibagikan melalui media sosial pribadinya, istri calon presiden ini membagikan ulang video milik Angkie Yudistia.

Angkie Yudistia sendiri merupakan penyandang disabilitaspertama yang ditunjuk menjadi staf khusus presiden. Dalam video tersebut, Angkie menyebutkan bahwa salam metal tiga jari milik Ganjar-Mahfud memiliki makna terpendam yang mungkin tidak semua orang ketahui.

“Tapi ibu Atikoh itu sadar dan pak Ganjar artinya dalam bahasa isyarat itu artinya I love you. Why combine penggabungan antara, i, l dan y,” tandasnya.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video saat Ganjar Pranowo menjelaskan makna di balik salam metal tiga jari itu pun berhasil menuai reaksi warganet di media sosial.

"Seandaikan tidak banteng di belakang nya sudah ku pilih yang ini," tulis warganet.

"Pak mahfud lucu amat," timpal lainnya lagi.

"Lah Itu Kan Memang Simbol Dari Bahasa Tuna Rungu Wicara.. Bukan Hasil Karya Banteng & Keluarga," timpal lainnya.
 "Sayang beliau anak banteng," tulis lainnya.

"Pelanggar kok didukung. Yang bener aje, rugi dong," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya