Komedian Polo Berpulang, Ini Deretan Anggota Srimulat yang Sudah Meninggal Dunia

Grup komedi Srimulat
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Kabar duka datang dari dunia lawak Indonesia hari ini, Kamis, 6 Maret 2024. Pelawak Christian Barata Nugroho atau yang lebih dikenal dengan nama Polo meninggal dunia.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Polo merupakan bagian dari Grup komedi Srimulat yang merupakan sebuah kelompok komedian yang legendaris dari Indonesia, berasal dari Jawa Timur. Tidak hanya menghadirkan cerita lucu, setiap anggota Srimulat memiliki keunikan dalam humor mereka yang mampu membuat penonton terhibur.

Grup komedi Srimulat

Photo :
  • Istimewa
Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Kelompok ini didirikan oleh Slamet Raharjo pada tahun 1950 dan memiliki sejumlah anggota yang cukup banyak. Berikut beberapa nama anggota srimulat yang sudah meninggal:

Gepeng

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Fredy Aris, yang dikenal dengan nama panggilan Gepeng, merupakan salah satu anggota Srimulat yang terkenal dengan julukan "Untung Ada Saya".

Julukan ini diperolehnya ketika dalam sebuah adegan di mana seorang wanita hampir dilecehkan, Gepeng berhasil menyelamatkannya. Dalam momen tersebut, Gepeng mengucapkan frasa "Untung Ada Saya". Gepeng meninggal dunia pada tanggal 19 Juni 1988 karena menderita penyakit liver.

Grup komedi Srimulat

Photo :
  • Istimewa

Saparbe Notowidagdo, yang dikenal dengan nama panggilan Bendot, adalah salah satu anggota Srimulat yang turut berperan dalam beberapa produksi, termasuk sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" dan drama "Angling Dharma". Dalam aksi lawaknya, Bendot sering memerankan karakter orang Jawa yang ramah dan ulet.

Selain menjadi seorang pelawak, Bendot juga merupakan seorang pensiunan dari TNI Angkatan Darat dengan pangkat 1. Bendot meninggal dunia pada tanggal 23 Desember 2001 akibat penyakit jantung dan kanker prostat yang dideritanya.

Asmnuni

Toto Asmuni merupakan karakter Charlie Chaplin yang terdapat di grup pelawak Srimulat. Asmuni merupakan anggota yang cukup lama bergabung dalam grup lawak ini. Kurang lebih 50 tahun lamanya terjun ke dunia pelawak bersama Srimulat.

Asmuni meninggal Pada 21 Juli tahun 2007 di Mojokerto. Asmuni awalnya mengeluh sakit gigi lalu Ia kemudian diberi obat, namun muntah. Keluarga melarikannya ke RS Mojokerto dan akhirnya meninggal dunia di Rumah sakit.

Basuki

Basuki juga merupakan salah satu anggota Srimulat yang berperan di sinetron si Doel anak sekolahan. Basuki meninggal dunia di Rumah Sakit Melia Cibubur, Jakarta Timur, Rabu , 12 Desember 2007 karena serangan jantung.

Mamiek Prakoso

Mamiek Prakoso

Photo :
  • wikipedia

Mamiek merupakan salah satu anggota Srimulat yang mampunyai ciri berambut pirang setengah kepala.

Mamiek merupakan anak dari seniman kawakan, Ranto Edi Gudel dan saudara kandung dari alm. Didi kempot. Mamiek meninggal pada 3 Agustus 2014 dan di makamkan di Sidowayah.

Pelawak Gogon

Photo :
  • ANTARA Foto/Agus Apriyanto

Gogon merupakan salah satu anggota yang mempunyai ciri khas  Srimulat yang tampil dengan gaya rambut dan kumis paling unik.

Gogon meninggal di Lampung Selasa 15 Mei 2018 pagi dan  dimakamkan di kampung halamannya, Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu 16 Mei 2018.

Cak Londo

Cak Eko Londo

Photo :
  • Instagram @caksuro_aktive

Cak Londo atau Eko tralala merupakan pelawak yang mempunyai ciri khas wajah bule dan juga pelawak yang tersisa di Surabaya.

Cak Londo menghembus kan napas terakhir pada  tanggal 24 November 2023 karena sebuah insiden kecelakaan motor yang menimpanya. Anggota Srimulat ini mengalami cedera bagian lehernya dan juga koma dalam beberapa hari terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya