UU Baru Rahasia Negara Jadi Langkah Mundur buat Tiongkok?

VIVA Militer: Ilustrasi spionase China
Sumber :
  • Youtube

Tiongkok – Dengan undang-undang baru mengenai rahasia negara dan rahasia kerja, Tiongkok melakukan Lompatan Jauh ke Belakang

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Dengan ditandatanganinya undang-undang rahasia negara yang baru oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping pada tanggal 28 Februari 2024, yang semakin memperketat undang-undang yang ada, dan memperluas cakupan jenis informasi yang akan dianggap sebagai risiko keamanan nasional, Tiongkok kini bukan hanya tempat yang sulit untuk melakukan bisnis tetapi juga tempat yang berbahaya untuk dimasuki.

Amandemen terhadap undang-undang rahasia negara yang disahkan oleh Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, badan legislatif tertinggi Tiongkok, pada tanggal 27 Februari akan menjadikan Undang-Undang tentang Perlindungan Rahasia Negara mulai berlaku mulai tanggal 1 Mei; sekarang Presiden Xi telah menandatangani perintah eksekutif. 

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Amandemen tersebut telah memasukkan konsep baru ke dalam undang-undang rahasia negara yang disebut “rahasia kerja”. Ini adalah konsep samar-samar yang didefinisikan sebagai informasi yang bukan merupakan rahasia resmi negara “tetapi akan menimbulkan dampak buruk tertentu jika bocor.”

Semua departemen pemerintah dan perusahaan milik negara akan diwajibkan berdasarkan undang-undang untuk “menentukan tingkat kerahasiaan” rahasia negara tempat mereka bekerja, dan menerapkan aturan baru tentang pengelolaan periode “deklasifikasi” bagi karyawan yang meninggalkan jabatannya; termasuk larangan bepergian ke luar negeri dan pekerjaan baru. 

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

“Selama periode deklasifikasi, personel yang memiliki akses terhadap rahasia tidak diperbolehkan bekerja atau meninggalkan negara. Mereka juga tidak diperbolehkan mengungkapkan rahasia negara dengan cara apa pun,” lapor Radio Free Asia, mengutip China Central Television; penyiar televisi nasional Tiongkok.

Ilustrasi sensor internet di China.

Photo :
  • Time Magazine

Langkah-langkah tersebut tidak hanya berlaku untuk rahasia negara; hal ini juga akan diterapkan pada “rahasia kerja”, sesuai dengan Pasal 64 undang-undang baru tersebut. Pakar hukum Tiongkok Jeremy L. Daum mengatakan “rahasia kerja” mengacu pada “informasi yang dihasilkan atau dikumpulkan oleh departemen dalam melaksanakan tugasnya, yang jika bocor akan menimbulkan dampak buruk.” 

Ia mengatakan rahasia kerja dan dokumen internal bukanlah isu baru namun sangat disayangkan konsep-konsep ini semakin diabadikan dalam undang-undang. Klausul dalam undang-undang baru ini dapat menyebabkan “identifikasi berlebihan” terhadap rahasia kerja, sehingga meningkatkan risiko bagi pekerja dan menurunkan transparansi bagi masyarakat umum.

Kepala Ekonom Diana Choyleva di Enodo Economist yang berbasis di London, sebuah firma riset yang berfokus pada Tiongkok, mengatakan: “Undang-undang tersebut tidak jelas dan definisi rahasia negara sangat luas sehingga dapat mencakup apa pun yang diputuskan oleh negara-partai. sebaiknya. Hal ini akan semakin mempersulit kehidupan perusahaan asing dan karyawan mereka yang berbasis di Tiongkok.”

Presiden Kamar Dagang Uni Eropa di Tiongkok Jens Eskelund mengamati: “Cakupan isu-isu yang dianggap 'sensitif' tampaknya terus berkembang, yang mempersulit perusahaan untuk mengakses informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan investasi terkait operasi mereka di Tiongkok. ”

Para ahli mengatakan berdasarkan undang-undang rahasia negara yang baru, “rahasia negara” dan “rahasia kerja” telah disamakan dengan keamanan politik rezim komunis. Mengungkapkan kepada khalayak yang lebih luas segala data atau informasi yang berpotensi mempermalukan Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa dianggap sebagai risiko bagi keamanan negara dan merupakan pelanggaran yang dapat dihukum.

Profesor Politik di City University di New York, Xia Ming, mengatakan undang-undang baru ini dapat berdampak pada perusahaan asing yang ingin melakukan riset pasar di Tiongkok.”Hal pertama yang dilakukan oleh perusahaan mana pun yang ingin berinvestasi di Tiongkok adalah melakukan riset pasar pada Tiongkok,” kata Xia. 

“Tetapi semua jenis data dianggap rahasia di Tiongkok, karena menyentuh keamanan politik rezim tersebut. Mereka berpendapat bahwa masyarakat dapat menafsirkan fluktuasi kecil dan spesifik dalam data untuk menciptakan informasi yang tidak menguntungkan sistem politik dan stabilitas rezim. Jadi semuanya bersifat rahasia.” 

Undang-undang keamanan baru ini juga akan berdampak besar pada penyedia layanan internet yang diharuskan bekerja sama dengan pihak berwenang dalam penyelidikan kasus apa pun yang melibatkan kebocoran informasi online yang tidak sah.

Ekonom Tiongkok Li Hengqing yang berbasis di AS mengatakan kepercayaan bisnis telah menderita di Tiongkok akibat penggerebekan terhadap perusahaan konsultan yang dilakukan pada tahun 2023. Penggerebekan terhadap kantor Capvision Partners yang berkantor pusat di New York di Beijing, Shanghai, dan Shenzhen pada Mei 2023 dengan dalih perlindungan keamanan nasional telah menimbulkan kekhawatiran global. 

Karyawan diinterogasi dan perangkat kantor digeledah. Capvision terlibat dalam melaksanakan uji tuntas yang diperlukan perusahaan sebelum membuat keputusan investasi apa pun. “Semua orang pasti merasakan kedinginan sekarang,” kata Li. “Semakin sering Beijing melakukan hal ini, semakin banyak pengusaha dan pengusaha asing yang enggan berinvestasi di Tiongkok.”

Li mengatakan undang-undang keamanan baru di Tiongkok bertentangan dengan klaim baru-baru ini dari Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa bahwa perekonomian Tiongkok sedang diperluas untuk mengakomodasi lebih banyak partisipasi global. Kebijakan diskriminatif terhadap investor asing akan membawa mereka ke arah yang berlawanan.

Bagi Beijing, semua informasi sensitif kini harus mematuhi konsep keamanan nasional secara keseluruhan, kata para analis. Li Hengqing mengatakan hal ini berarti setiap wilayah yang dapat melemahkan cengkeraman kekuasaan Presiden Xi Jinping adalah demi kepentingan keamanan nasional. “Ini semua tentang stabilitas rezim. Xi Jinping tidak terlalu peduli dengan penghidupan masyarakat atau pembangunan ekonomi negara.”

Namun, tidak ada yang mengejutkan mengenai hal ini. Seperti diberitakan Radio Free Asia, Xi Jinping pernah berkata: “Apa gunanya pembangunan ekonomi jika kita mengabaikan stabilitas rezim?” Oleh karena itu, di Tiongkok pada masa Xi, kesejahteraan partai adalah prioritas utama. Kesejahteraan rakyat Tiongkok datang kemudian.

Akhir-akhir ini, Tiongkok juga memperluas cakupan Undang-undang Kontra Spionase. “Undang-undang yang melarang transfer informasi yang tidak ditentukan terkait dengan keamanan dan kepentingan nasional telah membuat Amerika Serikat khawatir bahwa perusahaan asing di Tiongkok dapat dihukum karena aktivitas bisnis regulernya,” demikian laporan Reuters dari Beijing pada 1 Agustus 2023.

Kekhawatiran AS mempunyai dasar yang kuat. Pada bulan Maret 2023, seorang karyawan perusahaan farmasi Jepang Astellas Pharma ditahan karena dicurigai “memata-matai” dan secara resmi ditangkap pada bulan Oktober.

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi sempat melayangkan protes terhadap penangkapan sewenang-wenang tersebut. Rincian tentang bagaimana dia melanggar undang-undang kontra-spionase dan hukum pidana di Tiongkok masih belum diketahui, kata laporan Japan Times.

Sejak berlakunya Undang-Undang Kontraspionase di Tiongkok pada tahun 2014, sebanyak 17 warga negara Jepang telah ditahan karena dugaan kegiatan mata-mata. Pada bulan Maret 2023, warga negara Tiongkok yang bekerja di perusahaan uji tuntas Amerika, Mintz Group, ditahan dalam penggerebekan di kantor perusahaan tersebut di Beijing. Pada bulan April 2023, karyawan perusahaan konsultan Bain& Co diinterogasi oleh otoritas Tiongkok. 

Sebuah laporan Financial Times mengatakan Dentons, sebuah firma hukum yang memiliki kantor di seluruh dunia, telah memutuskan untuk meninggalkan cabangnya di Tiongkok daratan.

“Langkah ini dilakukan setelah pemerintah Tiongkok memperluas cakupan undang-undang keamanan siber dan perlindungan data atas dasar keamanan nasional,” kata laporan FT.

“Republik Rakyat Tiongkok adalah salah satu masyarakat paling tertutup di dunia,” komentar Cornell International Law Journal. “Informasi diungkapkan dan dibagikan berdasarkan kebutuhan untuk mengetahui yang paling ketat. Hal ini berlaku di antara sesama warga Tiongkok – bahkan teman dekat dan kerabat – dan terutama ketika “elemen asing” terlibat.”

Di Tiongkok, ketentuan hukum untuk melindungi rahasia negara sudah ada sejak tahun 1951 ketika Peraturan Sementara untuk Pelestarian Rahasia Negara diundangkan. Peraturan tersebut tidak memuat definisi “rahasia negara” tetapi merupakan daftar panjang contoh-contoh aneh yang secara virtual mencakup informasi apa pun, tulis Cornell Journal. Daftar tersebut bahkan mencakup “hal-hal rahasia mengenai prakiraan meteorologi”. 

Konsekuensi dari undang-undang seperti itu sangatlah buruk. Seorang staf Tiongkok di Shell International Petroleum telah ditahan selama enam setengah tahun di sel isolasi karena menulis surat kepada orang asing tentang jumlah pasokan biji-bijian ke Shanghai selama setahun. Pengacara lulusan Harvard di Hong Kong Hanson Huang telah dipenjara selama 15 tahun karena membocorkan “rahasia negara yang tidak disebutkan namanya kepada orang asing yang tidak disebutkan namanya.”

Bagi orang asing yang mencoba menegosiasikan proyek bisnis dengan perusahaan Tiongkok sejak Tiongkok membuka pintunya bagi investasi asing pada tahun 1979, kesulitan untuk mendapatkan informasi hukum, ekonomi, dan informasi terkait lainnya dari rekanan mereka di Tiongkok dan lembaga pemerintah merupakan salah satu hal yang paling membuat frustrasi.

Dengan disahkannya Undang-Undang Rahasia Negara yang baru pada tahun 1989 menggantikan Peraturan Tahun 1951, banyak hal telah membaik. Namun kini, di bawah pemerintahan Presiden Xi Jinping, Tiongkok tampaknya telah melakukan Lompatan Jauh ke masa lalu yang penuh dengan kerahasiaan.

Ilustrasi sensor internet di China.

Photo :
  • Pixabay
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya