Ngeri! Uang Koin Logam Nyangkut Di Dalam Pita Suara Seorang Remaja

Ilustrasi uang koin
Sumber :
  • Pixabay

California – Benda yang paling sering tertelan oleh anak-anak, sekitar 60 persen dari semua kasus, adalah uang koin. Namun, sebuah peristiwa luar biasa melibatkan seorang remaja California dalam dunia medis. Sebuah koin logam menempel secara vertikal di antara pita suaranya, menyerupai mesin slot.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Dilansir dari Oddity Central, Selasa, 16 April 2024, kasus ini dilaporkan dalam sebuah laporan medis yang diterbitkan baru-baru ini di New England Journal of Medicine.

Dalam laporan tersebut, diceritakan kisah seorang remaja laki-laki berusia 14 tahun yang tiba di ruang gawat darurat rumah sakit dengan keluhan tenggorokan serak dan kesulitan menelan.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

ilustrasi uang koin

Photo :

Dia mengatakan kepada staf bahwa secara tidak sengaja telah menelan seperempat koin tanpa mengalami kesulitan bernapas dan tidak ada air liur.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Namun, setelah dilakukan pemindaian X-ray pada dada dan lehernya, dokter menemukan koin logam tersebut tersangkut dalam posisi vertikal di antara pita suaranya dan menempati posisi yang sangat berpotensi merusak jika dibiarkan terlalu lama.

Koin tersebut terjebak di subglotis-nya, ruang kecil di antara pita suara dan trakea setelah melewati pita suara dan glotis.

Karena hal itu, dokter dan tim memutuskan agar melakukan bronkoskopi darurat dengan menggunakan alat bantu untuk segera mengangkat koin tersebut dan mengurangi risiko gangguan pernapasan.

Uang Koin Rp500 Gambar Melati

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

“Benda asing di saluran pernapasan terutama yang berada di trakea dan laring memerlukan pengangkatan segera untuk mengurangi risiko gangguan pernapasan,” tulis dokter dalam isi laporan tersebut.

Meskipun terdapat beberapa luka kecil di mana tepi koin bersentuhan dengan jaringan halus, tidak ada kerusakan pada tenggorokan anak laki-laki tersebut.

Selain itu, gejala awal seperti tenggorokan serak dan kesulitan menelan juga akan segera membaik setelah koin tersebut berhasil dikeluarkan.

Insiden seperti ini memperlihatkan bahwa benda asing yang tertelan umumnya terjadi pada anak-anak di bawah usia enam tahun. Namun dapat terjadi juga pada semua usia bahkan remaja. Penting untuk segera mencari pertolongan medis jika terjadi kejadian serupa, karena dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan pasien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya