Viral Rekaman Video Warga Israel Hancurkan Dus Berisi Mi Instan untuk Gaza Usai Blokir Bantuan

Bantuan Gaza dibuang hingga diinjak.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Trending – Pemandangan memprihantikan sekaligus bikin mengelus dada beredar di media sosial.  Hal tersebut tentu tak lepas dari aksi warga Israel terhadap korban yang ada di Gaza.

Wali Kota Nuseirat Gaza Tewas Usai Serangan Udara Israel

Beredar sebuah video aksi warga Israel memblokir truk bantuan yang menuju Gaza pada hari Senin 13 Mei 2024 waktu setempat.   Di mana dalam video tersebut terlihat warga Israel melemparkan paket makanan ke jalan dan merobek kantong gandum di Tepi Barat.

Seperti yang terlihat dari salah satu akun Instagram @taubatters baru-baru ini terlihat warga Israel memblokir truk bantuan ke Gaza, merusak, bahkan hingga menginjak paket makanan.Terlihat mereka juga melempar sejumlah paket makanan tersebut dari truk ke tanah. Hal ini sontak membuat isi kartonnya jadi berserakan hingga ke jalan.

Terlalu Banyak Tewaskan Anak-anak, PBB Masukkan Israel Dalam Daftar Hitam
Banyak Korban Tewas di Gedung Sekolah UNRWA akibat Rudal Israel, AS Minta Penyelidikan Dibuka

Menariknya dari banyak paket bantuan itu nampak ada salah satu produk makanan yang digandrungi masyarakat Indonesia, mi Instan Indomie. Aksi yang dilakukan warga Israel ini tentui bertolak belakang dengan kebijakan mereka yang telah berjanji untuk mengizinkan pasokan kemanusiaan tanpa gangguan ke daerah yang terkepung.

Video tersebut telah diverifikasi dari bangunan, rambu-rambu, dan bukit yang sesuai dengan pos pemeriksaan mereka. Truk-truk tersebut, yang ditempatkan di pos pemeriksaan Tarqumiya di sebelah barat Hebron, datang dari Yordania dan menuju ke Jalur Gaza, di mana masyarakat sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Rekaman insiden tersebut diambil oleh orang-orang di sekitar lokasi kejadian dan dibagikan secara online, menunjukkan para pengunjuk rasa memblokir dan menyerbu kendaraan bantuan di dekat Hebron yang melewati Tepi Barat dari Yordania, menghancurkan kotak-kotak air, makanan dan bantuan lainnya yang menuju Gaza. Truk bantuan juga terlihat dibakar dan dibiarkan terbakar di jalan.

Serangan terhadap konvoi tersebut adalah puncak dari upaya para demonstran selama berminggu-minggu untuk menghalangi truk bantuan mencapai Gaza, di mana para pengunjuk rasa mengklaim bahwa bantuan tersebut malah akan berakhir di tangan kelompok teroris Hamas.

Gedung Putih mengutuk penghancuran bantuan tersebut, dan menyebutnya sebagai “perilaku yang benar-benar tidak dapat diterima.”

“Sangat disayangkan ada orang yang menyerang dan menjarah konvoi yang datang dari Yordania menuju Gaza untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan,” kata Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dalam konferensi pers pada hari Senin dikutip VIVA.co.id dari laman Abcnews.

“Kami sedang mencari alat yang kami miliki untuk menanggapi hal ini dan kami juga menyampaikan kekhawatiran kami di tingkat tertinggi pemerintahan Israel. Penegakan hukum Israel secara terbuka hanya mengatakan bahwa penyelidikan terhadap serangan konvoi bantuan sedang berlangsung.

Kini beberapa orang telah ditangkap sehubungan dengan serangan hari Senin terhadap konvoi bantuan menuju Gaza, menurut para pejabat Israel.

Reaksi Warganet

Sontak saja viralnya video warga Israel hancurkan sejumlah dus mi instan dan makanan lainnya untuk korban Gaza pun menuai beragam reaksi warganet di media sosial.

"Ya allah turunkan lah azab bagi mereka, turunkan azab sebesar besarnya kepada mereka," tulis warganet.

"Padahal 1 bungkus berarti banget buat warga gaza," tulis lainnya.

"Mereka tidak tahu Murka Allah," tulis lainnya.
"LAKNATULLAH BENERRR ASTAGHFIRULLAH," seru lainnya.

"Sudah waktunya bertindak gaes, indomie kebanggaan dihinakan," tulis lainnya.

"kurang ajar atau kurang di hajar kau rael," terang lainnya.

"Lagi nungguin mereka kena banjir," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya