Misteri Kematian Vina, Penjaga Makam di Cirebon Buka Suara: Ada Banyak Hal yang Janggal

Ilustrasi kuburan.
Sumber :
  • Rupa Indonesia tvOne

VIVA Trending – Misteri kematian Vina, remaja berusia 16 tahun asal Cirebon berhasil menyita perhatian publik maupun warganet di dunia jagat maya.  Hal tersebut tentu tak lepas dari viralnya kisah nyata yang diangkat menjadi sebuah film layar lebar berjudul "Vina Sebelum 7 Hari". 

Tayangnya film berjudul Vina ini tak dipungkiri membuka memori kelam atas kasus pembunuhan di Cirebon pada 2016 silam. Vina sendiri merupakan salah satu korban pemabantaian dari sekelompok geng motor yang ada di Cirebon, selain Muhammad Rikzy Rudiana yang merupakan kekasih dari Vina. 

Gadis berusia 16 tahun ini harus mengalami perilaku biadab dan bejat dari pelaku sebelum nyawanya direnggut sekumpulan orang yang tergabung dalam geng motor. Terkait kematian Vina, tidak hanya pihak keluarga maupun kepala desa di dekat kediamannya yang turut buka suara.

Rupanya, jauh dari kisah tersebut diangkat menjadi sebuah film ternyata penjaga makam tempat Vina disemayamkan pernah buka suara soal misteri kematian Vina. Diketahui dari unggahan video kanal YouTube Mas RYD pada 9 bulan yang lalu, seorang juru kunci makam pernah menceritakan adanya kejadian aneh yang sering dialaminya. Saking aneh dan di luar logika, kejadian tersebut berhasil membuat bulu kuduknya berdiri begitu saja.

Berawal dari kedatangan seorang wanita misterius yang tiba-tiba datang ke sebuah makam yang salah satunya terdapat pemakaman milik Vina.

"Awalnya itu ada seorang wanita entah dari Bandung atau Bogor mencari makam Vina Cirebon," ujar keterangan dalam video dikutip VIVA.co.id pada Kamis, 16 Mei 2024.

Kemudian setelah wanita itu kedapatan sedang berada di tempat oleh penjaga makam, ia langsung menanyakan keberadaan kuburan Vina.

Terpopuler: Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan hingga Keterangan Palsu di Kasus Vina Cirebon

"Dia nanya 'Pak kalau makamnya Vina di mana" terangnya lebih lanjut.

Kemudian sang penjaga makam pun menanyakan sosok wanita tersebut.

7 Terpidana Kasus Vina Cirebon Laporkan Aep dan Dede terkait Dugaan Kesaksian Palsu

"Saya tanya kamu siapa, katanya kenal sama vina sekilas," ujarnya.

Penjaga makam pun sempat menanyakan tujuan wanita itu mencari makam Vina yang meninggal sejak 2016 lalu. Rupanya, keberadaan wanita misterius tersebut di area makam bukan atas keinginannya sendiri. Wanita ini mengaku, kepada juru kunci tersebut bahwa ia diminta oleh arwah Vina yang masih penasaran.

Beri Keterangan Palsu dalam Kasus Vina Cirebon, Aep dan Dede Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Wanita itu mengaku diminta oleh Vina untuk datang ke makam tersebut. Padahal wanita itu tidak tahu kalau Vina ini sudah meninggal dunia.

"Kamu tahu gak Vina udah meninggal? 'Gak tahu', tuh anehnya di situ," kata penjaga makam mengingat kejadian itu.

Anehnya lagi, wanita itu juga tidak mengerti kehadirannya ke makam Vina.

"Kamu tahu meninggal dari siapa? 'Gak tahu, maen janji aja (sama Vina)'," kata penjaga makam itu lagi.

Penjaga makam kemudian menujukkan makam Vina Cirebon, namun wanita itu hanya terdiam lalu dan meminta untuk diantarkan ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Kejadian aneh pun kembali terjadi saat ia mencari makam Vina. Penjaga makam bahkan penggali kubur justru dibuat kesulitan dalam mencari makam Vina.

"Saya tuh tahu makam Vina di situ, semua di sini tahu, tapi pas dia nyariin jadi pada gak tahu," terangnya lagi.

"Saya putar-putar gak nemu," kata sang juru kunci

Kemudian setelah berkeliling ke komplek pemakaman, akhirnya wanita itu menunjukkan makam Vina. Padahal menurut keterangannya, ia baru pertama kalinya ke makam tersebut dan belum tahu persis di mana lokasi kuburan Vina.

"Akhirnya dia bilang 'Pak itu di situ, itu ada orangnya' Demi Allah," kata penjaga makam sambil menirukan obrolan wanita misterius itu.

Sontak ia pun langsung dibuat kaget hingga bulu kuduknya dibuat merinding.

Menurutnya, wanita itu melihat Vina Cirebon sedang duduk berdiam diri di atas makamnya.

"Saya kan merinding. Kata dia 'itu pak ada orangnya lagi duduk'," kata dia lagi.

Penjaga makam pun akhirnya menemani wanita itu dan benar saja itu adalah makam Vina. Bahkan menurut keterangannya lagi, wanita itu terlihat sedang berinteraksi dengan sosok yang tak kasat mata itu.

"Ngobrol mereka," kata dia lagi.

Arwah Vina memang disebut-sebut beberapa kali merasuki temannya. Bahkan soal rekaman suara Vina Cirebon pun baru-baru ini viral di media sosial, usai ditayangkan dalam sebuah film layar lebar.

Suara itu berhasil direkam saat arwah Vina disebut-sebut masuk ke dalam tubuh teman dekatnya, Linda. Berkat rekaman suara itu, akhirnya terungkap kalau Vina dan kekasihnya, Eky ternyata tewas dibunuh oleh sekelompok orang yang tergabung dalam geng motor.

Juru kunci makam Vina di Cirebon

Photo :
  • YouTube

Bukan pertama kalinya, rupanya arwah Vina ini sebelumnya pernah merasuki tubuh temannya yang lain. Penjaga makam kembali menerangkan, bahwa orang tersebut awalnya janjian dengan pacarnya untuk ketemuan, namun malah sampainya di Cirebon.

"Janjian sama pacarnya mau ketemuan di mana gitu, gak tau dia nyampe ke sini, Cirebon," kata penjaga makam dikutip dari Youtube Mas RYD, Kamis, 16 Mei 2024.

Wanita itu pun terlihat kebingungan saat melintas di sekitar pemakaman usai mengunjungi makam Vina. Setelah itu, menurutnya wanita itu tak sadarkan diri hingga dirinya terpaksa mencari pertolongan orang pintar.

Reaksi Warganet

Unggahan video yang baru-baru ini viral di media sosial, seperti salah satunya dibagikan akun YouTube di atas ini pun sukses menyita perhatian warganet di media sosial.

"jangan" si linda yg datang nyari makamnya vina," tylis warganet.

"yang gua heran tuh yah vina kan satu sekolah sama sih linda" ini dan otomatis temen sekolah banyak dong yang tau muka nya sih linda kaya gimna tapi kok satu pun gaada yang speck up tentang linda ini?" tulis warganet.

"Pelaku utama ny blm ketangkap jadi arwah vina gak bisa tanang," tulis lainnya.

"arwah Vina masih pensaran khusnu khotimah ade cantik, smoga amal ibadahmu di trima di sisi Tuhan yg maha Kuasa," seru lainnya.

"Apakah wanita itu menceritakan apa yg Almarhumah katakan?" kata lainnya.

"Saya setiap melihat vt Vina kok selalu merinding..apa karena saya Sama2 orang Cirebon ya," seru lainnya.

"Al-fatihah buat alm,Vina walaupun smpe saat ini masih gentayangan krna meninggal nya secara tidak wajar tp insyaallah setelah 3 pelaku itu tertangkap alm,akan tenang," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya