Terkuak, Ini Alasan Baju Dokter di Ruang Operasi Berwarna Biru Atau Hijau

Ilustrasi dokter operasi pasien
Sumber :
  • homestead.com

VIVA – Dalam setiap operasi, dokter dan tim medisnya selalu mengenakan seragam berwarna biru dan hijau. Mengapa demikian? Rupanya, ada alasan ilmiah di balik pilihan warna tersebut.

Top Trending: Melihat Bonbon Sapi Kurban Jokowi, Terungkap Misteri Lantai Masjidil Haram

Pertama-tama, warna hijau dan biru dipilih karena membantu para dokter melihat dengan lebih baik di ruang operasi.

Menurut penelitian yang dilaporkan dalam Today's Surgical Nurse pada tahun 1998, warna hijau dipilih karena kontrasnya yang kuat dengan warna merah, yang banyak terdapat pada organ dalam dan darah pasien. Penggunaan warna hijau membantu menyegarkan penglihatan dokter, sehingga mereka dapat melihat dengan lebih jelas.

Gempar, Wanita Muda di Purworejo Aniaya Pacar Hingga Berujung Maut

Baca: Ditanya Apakah Pernah Menangani Pasien Korban Santet? Ini Kata Dokter Forensik Djaja Surya Atmadja

Selain itu, pemilihan warna ini juga bertujuan untuk menghindari ilusi optik yang dapat mengganggu. Dalam konteks ini, psikolog John Werner dari University of California, Davis, menjelaskan bahwa melihat sesuatu yang berwarna hijau secara terus-menerus dapat membuat mata dokter lebih sensitif terhadap variasi warna merah.

Melihat Sapi Kurban Presiden Jokowi di Lampung, Miliki Berat 920 Kg dan Tinggi 1,5 Meter

Hal ini penting karena penglihatan dokter sering kali fokus pada organ dalam pasien yang berwarna merah. Dengan demikian, mengenakan pakaian berwarna hijau atau biru dapat mengurangi kemungkinan terjadinya ilusi optik yang mengganggu, yang mungkin muncul saat dokter beralih pandangan dari organ merah ke latar belakang putih.

VIVA Militer: Tim dokter Yonkes 2 Kostrad sedang operasi.

Photo :
  • Divisi 2 Kostrad

Pendapat ini juga diperkuat oleh peneliti ilusi mata, Paola Bressan, dari University of Padova, Italia. Menurutnya, pakaian berwarna hijau atau biru membantu mengaburkan ilusi optik yang mungkin muncul saat dokter beroperasi.

Baca: Cerita Pengalaman Dokter Djaja Surya Atmadja Tangani Pasien Kebal Senjata

Dengan demikian, pemilihan warna seragam bukanlah semata-mata masalah gaya, tetapi juga memperhatikan faktor kenyamanan dan efektivitas dalam menjalankan tugas medis yang sangat penting tersebut.

Baca artikel Trending menarik lainnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya