Video Tanah Ibu Kota Baru Akan Dikelola Bank Tanah, Apa Itu?

Gerbang Madani di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sebagian kabupaten ini akan jadi lokasi ibu kota baru RI.
Sumber :
  • Arief Rahman Saan (Ezagren)

VIVA – Seluruh lahan untuk Ibu Kota Baru Republik Indonesia, akan menggunakan tanah milik negara. Bank tanah akan mengelola 180 ribu hektare lahan kawasan ibu kota baru.

2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa

Pemerintah sedang menyiapkan lahan untuk calon Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan, Sofyan Djalil mengaku sedang menyiapkan 4.000 hektare lahan untuk kawasan inti ibu kota.

Sebagian besar lahan itu adalah lahan hutan tanaman industri yang akan dikuasai oleh negara, melalui bank tanah. Dengan dikuasai oleh negara, harga tanah bisa dikontrol dari nol rupiah hingga harga keekonomian.

Penampakan Gedung di IKN, dari Kantor Menteri Hingga Wakil Presiden

Sofyan menepis, semua kecurigaan bahwa bank tanah itu kelak menjadi perekayasa harga tanah. "Justru, harga tanah nanti di kawasan ibu kota dikuasai oleh negara, itu salah satu domain bank tanah. Dengan bank tanah, itu harga bisa kita kontrol," katanya.

"Sebenarnya, kita sekarang menggunakan banyak tanah eks HTI (hutan tanaman industri). Tanah HTI adalah tanah negara, masih dalam kewenangan menteri kehutanan. Nanti dikeluarkan oleh menteri kehutanan, lalu akan menjadi tanah negara."

Yasonna Beberkan Alasan Pemerintah Kirim Draf Revisi UU IKN ke DPR pada 2023

Bank tanah adalah institusi yang dibentuk dan dikelola oleh Badan Pertanahan Nasional. Kehadiran bank itu tinggal menunggu selesainya Undang-undang Pertanahan yang diharapkan selesai pada September 2019.

>
Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara, Kemenkeu, Encep Sudarwan

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan nasib aset-aset Pemerintah di Jakarta setelah ibu kota, pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2023