VIDEO: 'Permaisuri' Cantik Sultan Selacau Dukung Penuh Suaminya

Risca, istri Rohidin sang pemimpin Kesultanan Selacau di Tasikmalaya, Jawa Barat.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Keberadaan perkumpulan masyarakat yang mengklaim sebagai Kesultanan Selacau di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, masih menarik perhatian masyarakat. Selain karena kehebohannya yang bersamaan dengan kemunculan kerajaan-kerajaan rekaan di daerah lain, juga lantaran pemimpinnya, Rohidin, mengklaim sebagai kerturunan kesembilan raja Pajajaran, Surawisesa.

'Keraton Abal-abal Mengganggu dan Merusak Tatanan'

Keturunan dua kerajaan kuno di Tanah Pasundan, keraton Sumedanglarang dan Kerajaan Galuh, mengkritik keberadaan Kesultanan Selacau karena kerajaan itu tak pernah tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari Pajajaran atau kerajaan Sunda lainnya di Jawa Barat.

Namun, Rohidin sang pemimpin yang mendaku bergelar Patra Kusumah VIII, memaklumi kalau publik tak mengenal Selacau. Sebab, Selacau ialah kesultanan kecil yang menjadi bagian dari Pajajaran. Lagi pula, dia menjelaskan, keberadaan Selacau berumur pendek, yakni hanya selama empat puluh tahun, 1548-1589.

VIDEO: Debat Seru Wawali Kerajaan Galuh vs Pendiri Kesultanan Selacau

Dalam sebuah acara di kompleks Kesultanan Selacau, Rohidin tampil di hadapan publik pengikutnya. Begitu juga sang permaisuri alias istrinya, Risca. Dia mendukung sepenuhnya langkah sang suami, terutama karena Selacau untuk menjaga cagar budaya, bukan untuk mendirikan kerajaan dengan pemerintahan sendiri.

VIDEO: Petinggi Kesultanan Selacau Bicara Dana Tak Terbatas di Swiss
>
Warga Desa Sukaharja, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dihebohkan dengan penemuan batu susun yang diduga peninggalan satu kerajaan kuno, Kerajaan Galuh.

VIDEO: Ditemukan Batu Bertumpuk di Ciamis Diduga Situs Kerajaan Kuno

Seorang arkeolog menengarai batu bertumpuk itu hanyalah batu alam.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2020