VIDEO: Pemimpin Kesultanan Selaco Klaim Bagian Kecil dari Pajajaran

Rohidin, warga Tasikmalaya yang mengklaim mendirikan Kesultanan Selacau dan dia sebagai rajanya.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Setelah kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, dan Sunda Empire di Bandung, Jawa Barat, mencuat satu lagi komunitas yang juga mengklaim kerajaan, Kesultanan Selacau Tunggul Rahayu, yang berbasis di Kecamatan Parung Ponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Harta Berjalan Lord Rangga Sunda Empire, dan Pemilik Mobil Toyota Tak Perlu Risau

Komunitas itu didirikan pada 2004 oleh seorang pria bernama Rohidin, yang mengaku keturunan kesembilan raja Pajajaran. Dia lantas menahbiskan diri sebagai Sultan Patrakusumah VIII. Rohidin mengaku mendapatkan legalitas fakta sejarah dari Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2018.

Klaim Rohidin berdasarkan penuturan kakek-buyut para leluhurnya bahwa Selacau adalah bagian kecil dari Kerajaan Pajajaran. Rohidin berterus terang, memang tak banyak orang yang mengenali Selacau, karena hanyalah bagian kecil dari kerajaan besar Pajajaran.

Sebelum Meninggal, Lord Rangga Beri Pesan ke Calon Presiden 2024

Rohidin juga mendaku bahwa kompleks kesultanannya pernah diteliti oleh Badan Arkeologi Jawa Barat. Namun dia tak menjelaskan hasil penelitian itu, melainkan malah mempersilakan siapa pun yang ingin mengetahuinya untuk menanyakan langsung kepada Badan Arkeologi.

Sosok Istri Lord Rangga Mantan Petinggi Sunda Empire yang Tutup Usia
Lord Rangga Sunda Empire di Depan Gedung DPR.

Kilas Balik Perjalanan Hidup Lord Rangga, Dikenal Berkat Jadi Petinggi Sunda Empire

Kilas balik perjalanan hidup Lord Rangga memang cukup menarik untuk diperbincangkan. Seperti diketahui, pemilik gelar sendiri Ageng Rangga Sasana itu kini sudah berpulang

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2022