VIDEO: Ridwan Kamil Sebut Kerajaan Fantasi akibat Stres dan Halusinasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak mempersoalkan maraknya komunitas atau perkumpulan warga yang mengklaim mendirikan kerajaan atau kekaisaran di sejumlah kota/kabupaten di provinsi itu. Namun, dia mengingatkan, komunitas itu tak boleh melanggar hukum, berbuat kriminal, atau membuat keonaran sehingga mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Harta Berjalan Lord Rangga Sunda Empire, dan Pemilik Mobil Toyota Tak Perlu Risau

Di Jawa Barat, sedikitnya dua komunitas atau perkumpulan masyarakat yang mendaku mendirikan kerajaan atau kekaisaran baru dengan misi menyelamatkan umat manusia, antara lain Sunda Empire-Earth Empire yang berbasis di Kota Bandung dan Kesultanan Selaco atau Selaco di Kota Tasikmalaya.

Ridwan Kamil menganggap kedua komunitas itu, termasuk perkumpulan sejenis di Jawa Tengah seperti Keraton Agung Sejagat di Kabupaten Purworejo dan Keraton Jipang di Kabupaten Blora, hanyalah sekelompok orang dengan kecenderungan pemikiran romantisisme sejarah dan mengangung-agungkan kejayaan masa lalu.

Sebelum Meninggal, Lord Rangga Beri Pesan ke Calon Presiden 2024

Namun, di balik semua itu, menurut Ridwan, ada gejala lain sehingga tak sedikit orang tertarik bergabung dengan kelompok seperti itu. Dia menduga, ada semacam frustrasi sosial atas situasi yang mereka hadapi kini, lalu berupaya melupakannya atau menghibur diri dengan harapan-harapan palsu seperti kebangkitan kejayaan masa lalu.

Sosok Istri Lord Rangga Mantan Petinggi Sunda Empire yang Tutup Usia
Lord Rangga Sunda Empire di Depan Gedung DPR.

Kilas Balik Perjalanan Hidup Lord Rangga, Dikenal Berkat Jadi Petinggi Sunda Empire

Kilas balik perjalanan hidup Lord Rangga memang cukup menarik untuk diperbincangkan. Seperti diketahui, pemilik gelar sendiri Ageng Rangga Sasana itu kini sudah berpulang

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2022