Musium Batak Terbesar Ada di Balige

Presiden SBY Meresmikan Museum
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Museum Batak terbesar di kompleks TB Silalahi Center, Desa Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Selasa 18 Januari 2011.

Sagil Siswa SD Tinggi 2 Meter, YouTuber Korea Diajak ke Hotel hingga IRT di Garut Tewas Dibunuh

Bangunan Museum Batak dengan arsitektur modern bertingkat tiga itu  berada di lahan seluas 5 hektar. Sedangkan outdoor museum seluas 1.536 meter persegi yang terdiri dari kantor, ruang CCTV, laboratorium, ruang pelayanan dan ruang utilitas.

Pada lantai dua di area seluas 1.340 meter per segi disiapkan fasilitas ruang pamer indoor tetap, ruang pamer temporer, ruang pamer benda khusus, ruang audio visual dan ruang edukasi. Di bagian depan gedung terdapat diorama 6 sub-etnis Batak yakni, Batak Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Pakpak Dairi dan Angkola.

Harapannya, Museum Batak juga siap menjadi objek wisata, karena berada di wilayah sekitar Danau Toba, danau terbesar di dunia. Dari Museum Batak, pemandangan Danau Toba terlihat sangat menakjubkan. Museum Batak juga sekaligus sebagai tempat untuk melihat dan mempelajari benda-benda kuno serta kebudayaan warisan leluhur Batak.

"Saat peresmian juga dilaksanakan acara Penganugerahan Gelar Kehormatan oleh Lembaga Adat Batak Angkola dan Pakaian Kebesaran Adat Batak yang dilakukan oleh enam pemuka Lembaga Adat Enam Sub-etnis Batak, sebagai bentuk penghargaan tertinggi dari Suku Batak terhadap Kepala Negara dan Ibu Ani," ungkap Pembina TB Silalahi Center, Letjen TNI (Purn) TB. Silalahi.

Kata dia, Presiden SBY tidak diberi gelar Raja Batak, tetapi secara khusus dari Lembaga Adat Batak Angkola, memberi gelar kehormatan sebagaimana biasa mereka berikan kepada tokoh yang dihormati. Gelar kehormatan SBY, adalah Dr. H. Soesilo Bambang Yudhoyono Siregar dengan gelar Patuan Sorimulia Raja.

Gelar itu adalah gelar kehormatan tertinggi Batak Mandailing. Dalam Bahasa Indonesia berarti Paduka Tuan. Sementara, Ibu Negara, menjadi Ani Bambang Yudhoyono Pohan, Naduma Harungguan Hasayangan.

Dalam pengertiannya, Sori adalah memberikan kemakmuran, keteladanan dan kenyamanan. Mulia artinya dihormati, dimuliakan. Raja artinya pimpinan dalam acara adat.

Rizky Nazar Unggah Foto Bareng Syifa Hadju dan Ibunya, Buat Pembuktian?

Arti gelar Naduma Harungguan Hasayangan adalah gelar kehormatan bagi istri atau permaisuri. Harungguan artinya kesatuan, hasayangan panggilan dan penyayang kepada sesama.

"Semua itu didasari penghargaan yang tinggi terhadap Kepala Negara dan Ibu Negara. Apalagi, secara khusus Presiden SBY sudah membuktikan perhatiannya terhadap wilayah Sumut, dengan diresmikannya Bandara Silangit dan Proyek PLN Asahan I," terang TB Silalahi, sekaligus memberi penjelasan atas terjadinya salah pengertian terkait penganugerahan gelar di sekelompok masyarakat.

Pelatih PSG, Luis Enrique bersama Kylian Mbappe

Kylian Mbappe Umumkan Perpisahan dengan PSG, Menuju Real Madrid?

Kylian Mbappe telah resmi mengumumkan akan cabut dari Paris Saint Germain (PSG) di akhir musim ini. Hal ini disampaikan sendiri oleh sang pemain melalui pesan video.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024