Kekurangan Jangan Membuatmu Menyerah

Ilustrasi atlet difabel.
Ilustrasi atlet difabel.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Trisna. Demikian teman-temannya memanggil pria tampan putra dari pasangan Komisaris Polisi atau Kompol Dede Juanda dan Toibah ini. Sikap dan gaya hidupnya yang sederhana membuat orang-orang sekitarnya betah bergaul dengannya.

Tidak hanya itu, Trisna juga rendah hati dan sangat pemalu dengan orang-orang sekitarnya. Namun demikian, jangan ditanyakan mengenai prestasi-prestasinya di bidang seni terutama fotografi. Sudah banyak prestasi yang telah dia raih dalam kariernya.

Pria pemilik nama lengkap Trisna Hadi Syaputra ini dilahirkan di Baturaja, 22 Agustus 1997. Pendidikan formal pertama ditempuh di SDN 48, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu dan lulus pada 2008 lalu. Kemudian, ia melanjutkan ke SMPN 2 di desa yang sama.

Dari SMPN 2, dia meneruskan pendidikan Sekolah Menegah Atas di Yadika. Dan sekarang sedang duduk di semester 5 di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Tangerang dengan jurusan FTV (Film dan Televisi).

Trisna mengalami kecelakaan kecil saat duduk di kelas 4 SD, tepatnya saat dia selesai mengaji di masjid dekat rumahnya. Layaknya anak-anak yang seumuran dengannya, ia bermain lari-larian dengan gembira saat menjelang sore hari. Tetapi nahas, Trisna terjatuh saat ia ingin mengejar temannya yang lain.

Akibatnya, Trisna terjatuh dengan posisi badan menimpa tangan kirinya. Pada saat itu, tangannya sama sekali tak bisa digerakkan. Ia menjerit sekuat-kuatnya saat tangannya dicoba untuk digerakkan oleh orang sekitar yang ada di sana.

Orang tuanya langsung membawa dia ke rumah sakit terdekat. Benar saja dugaan ibunya, dokter mengatakan tulang tangan kiri Trisna patah. Rasa sedih membanjiri semua orang yang berada di ruangan itu. Dokter mengatakan agar tangan kirinya bisa berfungsi lagi, butuh beberapa bulan bahkan tahun untuk mengobatinya dan butuh biaya yang besar.