Siapakah Ahlussuffah? Ternyata Ini Jawabannya

Siapa itu ahlussuffah????
Sumber :
  • vstory

VIVA – Di zaman Rasulullah, ada kaum yang bernama Ahlussuffah. Kami ingin bertanya siapa itu Allussuffah, berapa banyaknya, apa kerjanya, dan siapa yang memberi makanan untuk mereka? Inilah sedikit jawabannya.

Perjalanan Spiritual Mohamed Salah, Dari Keraguan Menjadi Inspirasi

Suffah berarti Beranda. Ahlus Suffah ialah orang yang mendiami buat sementara di beranda Masjid Rasulullah SAW di Madinah. Sepanjang sejarah, pada saat nabi telah pindah ke Madinah maka berbondong-bondonglah sahabat beliau mengikutinya. Karena ketika itu hijrah ke Madinah adalah cirinya orang Islam. Siapa yang
merasa Islam sebaiknya hijrah, dan siapa yang kafir tidak.

Untuk mengatasi kesulitan pemondokan, maka nabi "mempersaudarakan" pengungsi dari Mekkah, yang kemudian dinamai Muhajirin dengan orang Madinah yang kemudian dinamakan Kaum Anshar (kaum penolong).

Terungkap Alasan Denny Sumargo Belum Pilih Mualaf Meski Rajin Baca Al Quran

Setiap orang Muhajirin dipersaudarakan dengan seorang kaum Anshar oleh nabi. Orang Anshar itu mengambil orang Muhajirin dan membawanya tinggal di rumah mereka. Tetapi ternyata, pendatang dari Kota Mekkah sangat banyak. Sehingga tidak dapat ditampung semuanya di rumah orang Madinah.

Maka, Nabi mempersiapkan suatu tempat di sebuah sudut masjid yang beratap untuk menampung mereka sementara. Beranda yang ada di sudut masjid inilah yang dinamakan Suffah dan orang-orang pengungsi yang tinggal di situ dinamai Ahlus Suffah (penghuni Suffah).

Terkuak Alasan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri Putuskan Masuk Islam
Pendeta ini ajak jemaatnya berburu takjil

Viral, Pendeta Ini Ajak Jemaat War Takjil: Soal Agama Kita Toleran, Kalau Soal Takjil Kita duluan

Baru-baru ini nampaknya jokes takjil sudah sampai ke para pendeta. Bahkan mereka mengajak jemaatnya untuk berburu takjil. Salah satu pendeta itu Marcel Saerang.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.