Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi pada Pekerja Kantoran

Kesehatan Pekerja Kantoran
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Apakah Anda seorang pekerja kantoran? Anda bekerja seharian di depan laptop atau komputer dari pagi hingga sore atau malam hari? Keluhan kesehatan apa saja yang paling sering Anda alami? Nah, di sini akan kita bahas keluhan yang paling sering dialami oleh para pekerja kantoran.

Adele Terpaksa Tunda Konser di Las Vegas karena Masalah Kesehatan

Sebenarnya, dokter pun termasuk salah satunya karena duduk terlalu lama di ruang praktik. Intinya, mereka yang lebih banyak duduk saat bekerja bisa dikategorikan sebagai pekerja kantoran.

Masalah kesehatan pertama yang sering dirasakan adalah nyeri bahu dan nyeri pinggang. Mengapa bisa terjadi seperti ini? Karena mereka duduk terus dan mata mereka hanya fokus di depan layar, entah itu laptop ataupun komputer. Kemudian, letak AC juga kadang tidak diperhatikan. Selama mengerjakan tugas AC tersebut selalu mengarah ke badan. Akhirnya sepulang dari kantor badan terasa tidak enak dan bahu terasa sakit.

Kesehatan Paus Fransiskus Makin Mengkhawatirkan, Kini Radang Paru-Paru

Solusinya adalah perhatikan letak duduk Anda. Jangan terlalu dekat dengan AC dan sering-seringlah berdiri. Setiap 30 menit atau 1 jam, Anda harus berdiri sekitar 5 menit untuk relaksasi kemudian duduk kembali.

Permasalahan kedua yang paling sering dialami adalah stres. Sepertinya stres bukan cuma dialami pekerja kantoran. Hampir semua orang yang bekerja pasti juga mengalami hal yang sama.

Resmi Diakui Penyakit oleh WHO, Meutya Hafid Sayangkan Infertilitas Belum Ditanggung Pemerintah

Masalah lainnya yaitu kurang tidur. Ini semua bisa terjadi pada Anda yang lembur di malam hari. Jika pekerjaan Anda menumpuk, mungkin bisa melakukan kerja tim agar tidak terlalu memberatkan.

Lalu, masalah selanjutnya adalah masalah pencernaan. Mengapa bisa terjadi hal demikian? Karena para pekerja kantor sering lupa waktu jika sudah keasyikan dengan pekerjaan dan tugas yang menumpuk. Jadi, kebanyakan ketika Anda bekerja kantoran rutinitasnya adalah pagi tidak sarapan, siang makan makanan berat, kemudian saat malam Anda lupa makan, lalu tengah malam Anda makan dengan jumlah yang sangat besar. Inilah yang membuat sistem pencernaan Anda terganggu. Akhirnya terjadi penumpukan lemak di sana.

Masalah terakhir adalah kurang olahraga. Siapa yang ketika sudah mulai memasuki dunia kerja tapi berat badan setiap hari malah bertambah? Jawabannya adalah karena aktivitas fisik Anda sudah berkurang. Kerjaan Anda hanya duduk dari pagi hingga sore, bahkan malam hari.

Bagaimana caranya supaya Anda bisa olahraga? Sebenarnya olahraga tidak perlu lama. Dalam satu hari, Anda cukup meluangkan waktu 30 atau 45 menit. Jika Anda lakukan gerakan olahraga dengan benar, maka dapat membakar kalori dan menjaga berat badan supaya tidak naik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.