Jika Uban Mulai Muncul Segera Konsumsi 5 Makanan Ini

Rambut Beruban
Sumber :
  • vstory

VIVA – Rambut uban atau rambut abu-abu adalah perubahan warna rambut dari hitam menjadi abu-abu atau putih. Mirip dengan kulit, rambut juga akan mengalami penurunan fungsi saat memasuki usia tua. Ubanan adalah hal yang wajar dengan bertambahnya usia, tetapi banyak juga anak muda yang telah tumbuh uban di rambutnya.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Termasuk faktor genetik, stres berat, dan gangguan autoimun. Uban disebabkan oleh perubahan kadar melamin di rambut. Ketika rambut beruban tumbuh, kadar melamin di rambut tidak akan diproduksi.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan yang bermanfaat untuk mencegah risiko tumbuh abu-abu di usia muda. Ingin tahu makanannya apa? Mari kita simak artikel berikut ini!

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

1. Salmon

Salmon sudah terkenal dengan kandungan minyaknya yang bermanfaat bagi tubuh. Selain bermanfaat untuk kekuatan rambut dan mempertahankan warna rambut alami, minyak salmon juga berfungsi untuk mengurangi risiko tumbuh uban di usia muda. Ini karena salmon mengandung selenium, mineral, dan vitamin D yang dapat membantu produksi hormon sehingga penuaan dini dapat dicegah.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

2. Hati sapi

Hati sapi mengandung vitamin B12 dan tembaga untuk mengurangi risiko tumbuh uban di usia muda. Dalam 4 ons hati sapi mengandung 95,84 mikrogram vitamin B12 dan asupan harian yang dibutuhkan tubuh rata-rata 2,4 mikrogram B12. Hati sapi juga sangat berguna bagi penderita anemia, terutama bagi wanita hamil dan menyusui.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan bermanfaat bagi tubuh. Bayam terkenal sebagai makanan yang berfungsi untuk mempercepat produksi susu, tetapi selain itu bayam juga berfungsi untuk menutrisi warna rambut. Ini karena bayam kaya akan vitamin B9 atau dikenal sebagai asam folat. Asam folat berfungsi untuk menghambat penuaan dini.

4. Kentang

Selain sebagai sumber karbohidrat alternatif selain beras, kentang juga kaya akan kandungan zat besi yang berfungsi mengurangi risiko pertumbuhan uban. Menurut jurnal Biological Trace Element Research, mengatakan kadar zat besi yang rendah akan menyebabkan rambut beruban tumbuh lebih cepat.

5. Lentil

Mungkin Anda baru mendengar nama lentil. Lentil atau juga dikenal sebagai miju-miju adalah jenis kacang yang memiliki tekstur lembut. Tidak banyak orang tahu bahwa lentil memiliki jutaan manfaat kesehatan bagi tubuh. Sama seperti bayam, lentil juga mengandung B9 yang berfungsi untuk menghasilkan DNA dan RNA dan berperan dalam produksi metionin, sejenis asam amino yang berguna untuk menjaga warna rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.