Dua Jenis Kue Serabi yang Menggoyang Lidah

Kuliner Indonesia
Sumber :
  • vstory

VIVA - Indonesia tidak hanya terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama. Di samping itu, Indonesia juga kaya akan makanan Nusantara yang tidak bisa tergantikan oleh junk food. Pada artikel ini, kami akan menginformasikan dua jenis kue serabi asli Indonesia.

Serabi Ngampin, Kuliner Khas Untuk Berbuka Puasa dari Ambarawa

Pada dasarnya, serabi atau surabi ada dua jenis, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Namun terkadang, telur ayam yang telah dikocok ditambahkan ke atas adonan serabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, dan mayones.

Mencicipi Jajanan Serabi Mas Rafi Rengasdengklok Karawang

Untuk tempat yang menyajikan serabi dengan berbagai variasi rasa tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor. Cara membuat kue serabi pun cukup mudah. Campurkan bahan-bahan seperti santan, gula merah dan garam secukupnya. Lalu tambahkan tepung beras, tepung terigu dan aduk-aduk hingga merata. Kemudian tambahkan telur yang sudah dikocok dengan pewarna makanan.

Setelah semua bahan tercampur rata, letakkan adonan di atas cetakan serabi. Tunggu hingga matang, angkat dan kue serabi siap untuk dihidangkan. Selain itu, ada juga serabi solo.

Serabi Khas Kedang Lembata Nusa Tenggara Timur

Serabi solo adalah serabi khas dari Solo atau Surakarta. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip panekuk dan rasanya gurih. Kemudian, biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka.

Serabi yang terkenal berasal dari daerah Notokusuman, yang sering disingkat menjadi Notosuman atau Serabi Notosuman. Cara membuat serabi solo tidak jauh berbeda dengan cara membuat kue serabi biasa.

Pertama panaskan santan yang sudah diberi daun pandan hingga mendidih, lalu diamkan sejenak agar menjadi hangat. Kemudian campurkan santan dengan bahan-bahan kering lain seperti tepung, gula dan garam.

Campur hingga rata dan diamkan sekitar setengah jam, kemudian panaskan cetakan dan tuangkan adonan ke dalam cetakan. Beri taburan topping di atasnya dan angkat jika sudah matang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.