Cara Membangun Kebun Sayuran dalam Ruangan

Bibit Sayuran sumber photo Pixabay
Sumber :
  • vstory

VIVA – Berkebun sebenarnya tidak membutuhkan ruang yang luas di sekitar rumah Anda, hal ini dikarenakan ketersediaan fasilitas untuk menumbuhkan taman dalam ruangan.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Dan berkebun dalam ruangan adalah cara yang menyenangkan dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang Anda dan sangat cocok jika Anda tinggal di apartemen kota.

Lebih nikmat lagi jika Anda memakan sayuran dari tanaman Anda sendiri. Keunggulan memiliki kebun sayur dalam ruangan adalah tidak banyak masalah gulma, tekstur tanah mudah menjaga dan tidak ada masalah panas matahari yang merusak tanaman.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Namun ukuran ruangan yang Anda miliki di dalam ruangan juga menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan.

Hal-hal yang dibutuhkan

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal
  • Kompos yang bernutrisi tinggi bagi tanaman
    Wadah yang bersih
  • Thermometer untuk mengukur suhu taman dalam ruangan
  • Pupuk untuk pertumbuhan tanaman dan pestisida untuk mengusir hama dan hewan pengerat.
  • Stek atau biji tanaman yang sehat
  • Sebuah kendi kecil untuk penyiraman
  • Kipas berosilasi, meskipun opsional, sangat disarankan
  • Sistem ventilasi atau ionisasi untuk aroma tanaman yang mentah dan kuat.


Dimulai dengan kebun sayur dalam ruangan

  1. Hal pertama yang perlu Anda ingat sebelum membangun kebun sayur dalam ruangan adalah memastikan ada banyak cahaya, ventilasi yang baik untuk aliran udara yang lebih baik, suasana yang memiliki sedikit kelembapan dan suhu yang sempurna untuk pertumbuhan tanaman. tanaman.
  2. Kedua, pilih jenis sayuran yang cocok untuk di dalam ruangan. Meskipun pilihan sayuran tidak banyak, Anda dapat mencoba menanam sayuran yang ukurannya lebih kecil seperti tomat, wortel, paprika, tanaman telur, dan mentimun. Sayuran apa pun dapat tumbuh dengan baik di dalam wadah, asalkan dirawat dengan benar.
  3. Untuk wadahnya, Anda bisa memilih jenis pot atau wadah plastik apa saja. Kaleng kue dan kendi susu daur ulang dapat membantu mengurangi sebagian besar biaya. Agar taman Anda terlihat lebih menarik, wadah keramik adalah pilihan terbaik. Jangan lupa untuk membuat lubang kecil di dasar wadah untuk drainase.
  4. Mencampur jenis tanah yang tepat adalah bagian penting lainnya dalam mengembangkan taman dalam ruangan dengan cara yang benar. Tapi salah satu jenis campuran tanah yang tepat adalah dengan menggabungkan bagian yang sama dari perlite, mulsa hutan, pasir dan kompos.
  5. Lebih baik mencari nasihat dari para profesional di pusat kebun setempat tentang jenis sayuran yang tepat untuk ditanam di dalam ruangan. Mereka juga dapat memberikan panduan di mana Anda mendapatkan benih sayuran untuk taman dalam ruangan. Pelajari cara yang tepat untuk menanam dan membudidayakan berbagai sayuran dari para profesional sehingga Anda tidak menemui kesulitan dalam merawatnya.
  6. Harus ada jumlah dan jenis cahaya yang tepat untuk menanam sayuran dan itu tergantung pada tahap pertumbuhan dan lokasi kebun. Sayuran umumnya membutuhkan cahaya natrium bertekanan tinggi. Penting juga untuk memberi mereka tiga hingga empat lampu fluoresen atau lampu halida logam.

Tips merawat kebun sayur dalam ruangan
 

  • Ketahui cara membuat tanaman berbunga dan menghasilkan sayuran. Ada berbagai teknik bermanfaat yang membantu tanaman tumbuh dengan cepat secara efektif.
  • Jaga agar semua lingkungan tetap bersih dan rapi termasuk permukaan lantai. Anda dapat menggunakan air sabun lembut untuk membersihkan area di sekitar tanaman. Semua pot dan peralatan yang digunakan untuk berkebun juga harus dijaga kebersihannya.
  • Karena tanaman lebih rentan terhadap penyakit saat ditanam di dalam ruangan, lebih baik mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan daripada memberikan obat nanti.
  • Saat Anda menemukan tanda-tanda penyakit atau jamur, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah mencabut seluruh tanaman atau mencabut semua daun yang terinfeksi. Jika Anda menunda melakukannya, hal ini dapat menyebabkan penyebaran penyakit ke tanaman lain yang sehat.
  • Batasi jumlah tanaman yang Anda tabur karena lebih mudah perawatannya. Saat Anda menanam benih pastikan ada jarak yang cukup antara masing-masing agar tetap sehat.

  • Buang tanaman yang lemah atau serahkan kepada orang lain yang memiliki taman dalam ruangan juga dan pangkas daun tanaman secara berkala.

  • Penggunaan minyak nimba merupakan cara terbaik untuk mencegah tanaman diserang penyakit apapun. Minyak mimba dikenal dengan estrogen alami seperti bahan kimia yang memiliki sifat anti virus, anti jamur dan anti bakteri.

  • Pencegahan lalat buah dapat dilakukan dengan meletakkan perangkap lengket berwarna kuning. Biarkan pot mengering karena lalat buah tidak dapat bertahan hidup di lingkungan yang tidak lembab tetapi jangan menggunakannya untuk pembibitan.

  • Jangan menyirami tanaman Anda lebih dari yang dibutuhkan. Raba tanah dengan lembut dan pastikan tidak terlalu lembab. Hanya jika Anda merasa tanahnya kering, siramlah.

Keuntungan dan kerugian berkebun dalam ruangan

Beberapa keunggulan taman dalam ruangan adalah tidak membutuhkan banyak pupuk dan lebih mudah ditangani dibandingkan dengan taman di luar ruangan. Keduanya produktif dan menambahkan sentuhan dekoratif ke rumah.

Sistem kebun sayur menumbuhkan lampu dan berdiri sedemikian rupa sehingga menambah keindahan rumah Anda. Tidak ada tambahan yang diperlukan untuk kebun sayur guci. Jika terlalu banyak sinar matahari, Anda dapat menarik bayangan dan mencegah sinar matahari menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Beberapa masalah dengan taman di dalam ruangan adalah bahwa tanah tidak memiliki kapasitas untuk mengontrol dirinya sendiri seperti tanah di luar ruangan terutama jika Anda terlalu banyak menyiram tanaman Anda. Terkadang perlu untuk menemukan tempat di mana ada cukup sinar matahari dan tetap menaungi tanaman Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.