Membaca Buku Nonfiksi dengan Strategi 5M

Ilustrasi membaca buku.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Apakah Anda sedang membaca buku sejarah, ekonomi, politik, sosiologi, dan buku ilmu pengetahuan lain? Dunia perbukuan lazimnya mengelompokkan mereka ke dalam kategori nonfiksi. Ini berbeda dengan buku berjenis novel, puisi, dan buku fiksi lainnya.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Tujuan kita membaca buku ialah memahami isinya. Namun, tidak semua pembaca bisa demikian. Oleh sebabnya, agar optimal dalam memahami sebuah bacaan nonfiksi, perlu strategi tertentu. Untuk itulah, strategi 5M di bawah ini bisa Anda jajal.

1. Membaca sekilas

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Baca cepat bagian sampul (judul dan sinopsis), kata pengantar, daftar isi, dan pendahuluan. Walau semua bagian itu, tentu saja, punya faedah masing-masing, fokuslah hanya pada bagian bagian pendahuluan. Temukan apa pokok pembahasan yang akan dituangkan di bagian isi.

2. Mencatat

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

Baca dengan cermat seluruh bab di bagian isi hingga bagian penutup. Saat mencermati, buat catatan-khusus tentang poin inti (klaim) penulis yang biasanya terletak di bab pertama dan bukti yang diberikan di bab-bab berikutnya. Jangan lupa, catumkan nomor halaman bila mengutip, baik langsung maupun tak langsung.

3. Menganalisis

Susunlah poin-poin penulis dengan logis. Caranya, atur catatan yang sudah dikutip. Pertimbangkan bagian mana, dari keseluruhan catatan itu, yang merupakan poin inti dan mana poin pendukung. Cermati keduanya secara interogatif. Apakah relevan, konsisten, dan valid? Bila ya dan/atau tidak, beri alasannya. 

4. Meringkas

Buatlah ringkasan. Gunanya, Anda menyimpan intisari buku bila sewaktu-waktu membaca ulang dengan tujuan tertentu, bahkan bila buku itu hilang dengan alasan tertentu pula.

5. Menyebarkan

Diskusikan bacaan Anda. Ini bisa dijajal melalui dua medium, sebagai upaya menguji pemahaman. Pertama, ajaklah seorang teman untuk mempresentasikan hasil bacaan. Lantas, minta ia bertanya, dan jawablah sesuai pemahamanmu atas buku itu. Kedua, buatlah sebuah resensi.

Itulah strategi 5M yang bisa Anda praktikkan kala membaca buku nonfiksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.