Peningkatan Minat Masyarakat Indonesia dalam Belanja Online

pixabay.com
pixabay.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Seiring perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan pesat. Keduanya hadir memberikan manfaat dan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh aktivitas masyarakat terfokus dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi hal utama yang dapat memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, salah satunya berkomunikasi dan melakukan transaksi secara online atau lebih dikenal dengan sebutan online shopping.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat memberikan keuntungan dan peluang besar bagi para pelaku bisnis, karena kemajuan ini dapat dijadikan untuk mendukung kelancaran bisnis yang akan mereka jalankan.

Melalui internet, para penjual dapat memasarkan produknya ke pembeli dengan lebih mudah tanpa tatap muka. Pembeli juga tidak perlu mendatangi toko jika ingin mencari produk yang akan dibeli.

Pembeli dapat melihat dan membeli produk melalui smartphone. Pembeli hanya perlu memilih produk dari katalog produk toko lalu melakukan pembayaran, baik melalui transfer bank, e-wallet atau cash on delivery, setelah itu pesanan akan diproses penjual dan dikirimkan ke alamat pembeli.

Belanja secara online selain praktis, faktor waktu dan tempat, harga barang yang ditawarkan juga relatif lebih murah, pilihan jenis barang lebih beragam dan pembeli dapat merasakan kenyamanan dalam belanja.

Kekurangan belanja secara online adalah tanpa tatap muka selama belanja online dapat menyebabkan pembeli meragukan tentang kebenaran informasi produk, keaslian produk, dan kredibilitas penjual.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.