Melihat Lebih Jauh Kurikulum Merdeka

ilutrasi sarana pendidikan oleh bu guru Anggit
ilutrasi sarana pendidikan oleh bu guru Anggit
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dalam dunia pendidikan, kurikulum menjadi salah satu komponen pedoman proses belajar mengajar. Jika kurikulum tidak ada, maka proses pendidikan bisa saja berjalan, namun tidak mampu berjalan dengan baik karena tidak jelas arah dan tujuannya.

Kurikulum memberikan jabaran arah dan tujuan pendidikan dilangsungkan di satuan pendidikan. Dengan adanya kurikulum yang diberlakukan di satuan pendidikan, proses belajar dan mengajar mampu dilakukan sesuai aturan koridor yang dibuat. Kurikulum biasanya berbentuk serangkaian pedoman yang di buat dan dirumuskan oleh instansi pemerintah penanggung jawab penyelenggaraan pendidikan.

Dilansir dari laman prosiding.upgris.ac.id, kurikulum dapat diartikan secara sederhana sebagai mata pelajaran yang harus diselesaikan oleh peserta didik agar dapat lulus atau mendapatkan ijazah.

Bagi tenaga pendidik, kurikulum memiliki manfaat sebagai pedoman kerja dalam melangsungkan pembelajaran pada setiap peserta didik, selain itu, kurikulum juga mampu menjadi bahan evaluasi sejauh mana perkembangan peserta didik dalam menyerap pembelajaran.

Sedangkan bagi peserta didik, kurikulum akan memberikan kesempatan persiapan yang lebih matang dalam rangka melangsungkan pembelajaran. Kurikulum membantu peserta didik mempersiapkan diri, mengukur kemampuan diri agar mampu menyiapkan proses pembelajaran yang akan dilalui dengan optimal.

Dengan persiapan yang matang, proses pembelajaran yang bakal dilalui setiap peserta didik akan semakin memberikan pengalaman baru dalam peningkatan kualitas diri. Pengalaman baru yang didapati nantinya bakal mempengaruhi kualitas kehidupan peserta didik.

Kurikulum juga memudahkan setiap peserta didik untuk mulai memetakan jadwal yang akan dibuat nantinya. Dengan jadwal ini, nantinya peserta didik mampu menyeimbangkan waktu dengan beban pekerjaan yang akan diampaui oleh peserta didik.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.