Apakah Bisa BRICS Jadi Kehancuran Dolar AS dan Bagaimana Peran Indonesia?

Dolar Amerika Serikat
Dolar Amerika Serikat
Sumber :
  • vstory

VIVA - BRICS merupakan akronim dari nama lima negara anggota forum bisnis internasional tersebut, yakni Brasil, Rusia, India, China, dan South Africa (Afrika Selatan).

BRICS adalah organisasi antarpemerintahan yang dibentuk sejak 2006 dengan nama awal BRIC sebelum Afrika Selatan bergabung pada September 2010. 

Para pemimpin empat negara awal itu bertemu pertama kali di St. Petersburg, Rusia ketika konferensi tingkat tinggi (KTT) G8 digelar pada Juli 2006.

BRICS yang mulanya beranggotakan empat negara berkembang atau negara industri baru itu menggelar KTT pertama pada 16 Juni 2009 di kota Yekaterinburg, Rusia.

Anggota BRICS juga merupakan anggota forum G20 yang tahun ini dipimpin oleh Indonesia sebagai tuan rumah atau presiden.

KTT kedua BRICS dilaksanakan pada 15 April 2010 di Brasilia, Brasil. Dalam pertemuan itu, forum membahas tentang kondisi ekonomi global dan menekankan pada perhatian keberlanjutan G20.

Kepemimpinan BRIC berulang kali menegaskan bahwa G20 merupakan forum utama dalam koordinasi dan kerja sama ekonomi internasional bagi seluruh negara anggotanya.

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.