Manfaatkan Peluang Berbisnis di Era Digital Secara Maksimal

kita bisa melakukan banyak hal dengan mudah menggunakan smartphone
Sumber :
  • vstory

VIVA –  Saat ini teknologi sudah berkembang sangat pesat. Teknologi sendiri bertujuan untuk memudahkan pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Maka dari itu, sudah seharusnya kita memanfaatkan teknologi dengan bijak.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Dahulu kita harus membeli suatu barang dengan langsung mendatangi tokonya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan alat canggih, yakni handphone.

Contohnya seperti layanan pesan antar, yang dengan mudah kita bisa memesan makanan, minuman, perlengkapan dan lainnya cukup lewat  aplikasi saja. Tinggal pesan, tunggu, lalu pesanan kita akan sampai di depan rumah. Sangat mudah bukan?

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Maka dari itu, sangat disayangkan jika kita tidak memanfaatkan adanya teknologi yang semakin canggih untuk berbisnis. Tidak ada salahnya, jika kita mencoba untuk berbisnis. Jika kita ingin membangun sebuah usaha dan tidak memiliki modal yang cukup untuk membuat sebuah toko, tak perlu khawatir.

Kita tetap bisa berbisnis walaupun dari rumah saja. Apakah ada seseorang yang berbisnis tapi tidak memiliki toko? tentu ada, bisnis online jawabannya. Kita bisa memanfaatkan rumah yang kita miliki untuk dijadikan toko penyimpanan barang-barang dan segala macam kegiatan bisnis untuk sementara.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

 Banyak platform belanja online yang mewadahi kita untuk melakukan bisnis dengan mudah. Selalu ada jalan jika kita mau berusaha. Berikut ini ada beberapa tips agar bisa memanfaatkan peluang bisnis di era digital seperti ini.

1.  Membuat perencanaan dengan baik dan matang

Perencanaan merupakan hal yang paling penting jika kita akan memulai sebuah usaha. Dalam urutan kegiatan, perencanaan merupakan kegiatan yang paling utama. Karena perencanaan merupakan dasar atau pedoman untuk melakukan langkah selanjutnya untuk mencapai tujuan.

2.   Memperluas relasi pertemanan

Hal ini dikarenakan, saat kita baru memulai suatu usaha, kita akan menawarkan produk yang kita jual kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu. Kita juga bisa meminta teman kita untuk memberikan testimoni dari hasil produk yang kita jual, hal itu akan sangat membantu lho teman-teman.

Kita juga bisa meminta bantuan kepada teman-teman untuk ikut mempromosikan produk yang kita jual, karena rezeki datang dari arah yang tidak disangka-sangka.

3.   Manfaatkan media sosial dengan maksimal

Di media sosial kita bisa mengenal banyak orang dari kota manapun, dalam maupun luar negeri. Tentu media sosial sangat bermanfaat untuk menambah relasi dan memasarkan produk yang kita jual.

Misalnya Instagram, kita bisa membuat akun Instagram khusus untuk berbisnis. Kita bisa memposting foto-foto ataupun video yang menarik di dalam instagram kita, sertakan juga caption yang berisi tentang informasi terkait produk tersebut.

Sertakan juga nomor telepon ataupun Whatsapp yang bisa dihubungi. Buatlah akun instagram tersebut ramai dan tampak menarik sehingga dapat menarik daya beli bagi siapa saja yang melihatnya.

4.    Membuat promo yang menarik

Siapa yang tidak tertarik dengan sebuah promo? maka dari itu, buatlah promo-promo yang mengundang daya tarik pembeli sebagai strategi penjualan. Untung sedikit tidak apa, yang penting laku dan bisa balik modal.

Sehingga, jika sudah cukup modal kita bisa mengembangkan bisnis yang kita miliki lebih baik lagi, dan akhirnya kita bisa memiliki toko sendiri.

5.   Membuat rekening baru

Buatlah rekening baru khusus untuk melakukan transaksi pada bisnis yang kamu miliki. Hal ini berguna agar dapat memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha. Sehingga dengan mudah kita dapat mengetahui berapakah uang yang kita peroleh dari usaha yang kita buat.

6.   Menggunakan sistem COD

Sistem Cash On Delivery (COD) bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kita lakukan jika pembeli tidak bisa melakukan pembayaran lewat bank. Singkatnya COD adalah pertemuan antara penjual dan pembeli di suatu tempat yang telah disepakati, dilakukan saat barang yang dipesan sudah ada.

Maka pembeli baru membayarkan barang tersebut ketika barangnya sudah ada, COD seperti ini biasa dilakukan jika pemesanan dilakukan via chat ataupun telepon. Jika lewat platform belanja online, maka pembayaran itu dilakukan saat kurir selesai mengantarkan barang yang kita pesan.

7.   Berdoa

Setelah kita melakukan berbagai usaha dengan maksimal, maka kita hanya perlu tawakkal atau berserah diri kepada Allah. Karena rezeki sudah ada yang mengatur, kewajiban kita hanyalah berusaha dengan maksimal, sisanya serahkan kepada Allah semata.

Ingatlah ungkapan dalam bahasa Arab “Man Jadda Wajada”, yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia. Itulah beberapa tips agar kita bisa memanfaatkan peluang bisnis yang ada dengan maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.