Jelang Hari Libur, PT KAI Mengalami Lonjakan Penumpang

PT KAI
Sumber :
  • vstory

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mengingatkan pada akhir Oktober 2020 ini jumlah penumpang akan terjadi peningkatan. Hal itu dikarenakan jumlah pemesanan tiket per tanggal 24 Oktober 2020 menunjukan angka tinggi.

Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia

"Untuk volume sementara dari 24 Oktober hingga Rabu 28 Oktober angka 7.679 penumpang yang melakukan pemesanan tiket. Tapi angka tersebut bisa berubah karena masih banyak penumpang yang melakukan pemesanan lewat online, " kata Eva Chairunisa kepada awak media, Minggu 25 Oktober 2020.

Masih kata Eva, untuk kondisi jumlah penumpang rata-rata per hari, saat momen libur panjang tersebut bertambah 2 (dua) kali lipat, dibandingkan akhir pekan minggu lalu. Kata Eva, agar bisa mengakomodir kebutuhan pengguna jasa KA yang mengalami peningkatan, maka pada periode libur panjang ini akan terdapat sampai dengan 27 perjalanan KAJJ per hari yang akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta.

GrandMax Maut Tewaskan 12 Orang di Tol Cikampek Mobil Travel Gelap? Ini Kata Kapolri

"Nanti berangkat awal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakartakota.Bertambahnya penumpang KA jelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrian rapid tes di stasiun."terang Eva.

Kata Eva, dari data telah tercatat pada 24 dan 25 Oktober 2012 layanan rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir rata-rata melayani hingga sekitar 1.100 calon penumpang yang melakukan tes rapid.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal KA, Penumpang dihimbau agar melakukan rapid tes H-1 sebelum jadwal keberangkatan bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan rapid tes di stasiun.

"Calon penumpang diharapkan dapat mengatur waktu keberangkatannya dan menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap akan melakukan rapid tes pada hari yang sama."ujar Eva.

Eva juga menyarankan agar penumpang bisa datang 3 jam sebelum keberangkatan. Hal itu, kata Eva untuk menghindari resiko tertinggal KA mengingat antrian Rapid Tes di Stasiun cukup padat. "Rapid tes bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas rapid tes."tegas Eva.

Sementara, di area Daop 1 Jakarta, untuk layanan rapid tes bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB serta biaya sebesar Rp85.000.

"Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid tes di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas."beber Eva. Eva menambahkan, Bagi calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid tes tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA dan tiket akan dilakukan pengembalian bea 100 peresen diluar bea pesan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Untuk ketentuan resrvasi tiket KA saat ini dapat dipesan mulai H-7 sebelum keberangkatan secara online melalui Aplikasi KAI Access atau channel eksternal yang telah bekerjasama. "Pelayanan tiket di loket stasiun hanya melayani penumpang goshow 30 menit sebelum KA berangkat."jelas Eva

Selanjutnya, untuk informasi jadwal perjalanan KA secara lengkap dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.