Protokol Kesehatan Pilot dan Pramugari di Masa COVID-19

Instagram.com/@afindra
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pada masa pendemi ini membuat kita harus selalu berhati – hati dan melaksanakan beberapa protokol kesehatan yang telah diatur oleh Pemerintah. Seperti menggunakan masker, membawa handsanitizer, hingga melakukan physical distancing. Tentunya hal ini dilakukan untuk kebaikan kita bersama agar terhindar dari virus yang ada.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Dengan tersedianya banyak jenis pekerjaan di Indonesia ada beberapa pekerjaan yang memiliki peraturan yang sama, tetapi tentunya ada perbedaan dengan aturan khusus diantara protokol kesehatan yang ada.

Dalam beberapa waktu lalu saya selaku mahasiswi telah berkesempatan mewawancarai pilot dan Pramugari dari Garuda Indonesia. Kami membahas tentang protokol kesehatan dan fakta mengenai penerbangan saat pandemi Covid - 19.

Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia

Penasaran bagaimana protokol kesehatan dan fakta yang harus dijalani oleh para awak kabin pesawat yaitu pada saat sebelum melakukan terbang? Yuk simak, penuturan pilot:

“Sebelum terbang pastinya diwajibkan bagi kami untuk rapid test secara rutin, mengikuti protokol kesehatan dari Pemerintah dan Perusahaan. Tentunya protokol kesehatan di bandara berlaku untuk semua orang yang ingin bepergian menggunakan pesawat termasuk kru, tetapi ada beberapa regulasi yang sedikit berbeda karena ada protokol kesehatan yang khusus dibuat untuk awak kabin pesawat.

GrandMax Maut Tewaskan 12 Orang di Tol Cikampek Mobil Travel Gelap? Ini Kata Kapolri

Sebagai kapten di penerbangan, saya harus memastikan bahwa kru dan penumpang yang berada di pesawat dalam keadaan baik dan patuh kepada protokol kesehatan yang ada. Tentunya semua orang yang berada di dalam pesawat wajib menggunakan masker dan posisi duduk penumpang diberi jarak agar tidak terlalu dekat satu sama lain,” jelas pilot di Jakarta, Kamis (5/11)

Hal senada disampaikan oleh pramugari berikut penuturannya.

“Penerapan CHSE (Cleanliness Healthy Safety and Environment) atau protokol kesehatan di destinasi wisata dan transportasi juga diterapkan dalam transisi new normal ini banyak protokol kesehatan yang harus dijalani untuk penumpang, antara lain pengecekan dokumen kesehatan, proses check in dengan menjaga jarak, area boarding yang diharuskan berjaga jarak, serta pelayanan in flight meals yang sudah disterilisasi dan wrapped, dan khusus penumpang harus mempunyai kartu e-HAC atau kartu kewaspadaan kesehatan dalam bentuk aplikasi.

Walaupun banyak protokol kesehatan yang harus dijalani hal ini tidak bermasalah, karena dengan adanya protokol kesehatan yang ada maka perjalanan kerja lebih aman dan nyaman demi kebaikan bersama,” ujar pramugari, Jakarta, Kamis (5/11)

Banyak yang bertanya – tanya apakah benar proses karantina 7 hari harus dijalani jika para awak kabin pesawat mendapatkan jadwal terbang Internasional?

“Para awak kabin pesawat diharuskan karantina masing - masing di negara tersebut selama 7 hari, setelah 7 hari karantina maka diperbolehkan kembali ke negara asal.

Ketika sampai di negara asal, para awak kabin pesawat diharuskan karantina lagi di rumah masing – masing selama 7 hari dan saat mendapat jadwal terbang kembali, para awak kabin pesawat akan menjalani rapid test di lembaga kesehatan bandara.

Itu berlaku jika para awak kabin pesawat mendapatkan jadwal untuk bermalam di negara tersebut, tetapi karena sedang kondisi pandemi ini dengan penerbangan berkurang dan jumlah penumpang menurun, jarang kru mendapatkan jadwal bermalam di luar negeri maupun luar kota, selalu berjadwalkan kembali ke Jakarta di hari yang sama.

Kami sebagai awak kabin pesawat berharap dan mendoakan agar pandemi ini segera berakhir agar semua kegiatan berjalan normal seperti sebelumnya dan untuk semua rakyat Indonesia patuhilah protokol kesehatan yang sudah diatur sedemikian rupa oleh Pemerintah, kami sebagai warga Indonesia turut berpartisipasi mengikuti aturan yang telah diterapkan demi kebaikan bersama,” jelas pilot

Bagaimana sudah tahukah apa saja peraturan seputar awak kabin pesawat pada masa pendemi ini? Perbincangan di atas adalah hasil wawancara dengan para awak kabin pesawat dari Garuda Indonesia mengenai protokol kesehatan dan fakta yang harus dijalani oleh para awak kabin pesawat, yang membuat kita menjadi mengetahui aturan - aturan seputar penerbangan yang harus ditaati pada saat pandemi ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.