Sindiran Hasto ke PSI yang Capreskan Ganjar

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyoroti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) di Pilpres 2024. Hasto mengkritik cara partai politik dalam berebut ekor jas dengan mendeklarasikan capres yang memiliki elektabilitas tinggi.

Jokowi Tunjuk Juri Ardiantoro dan Grace Natalie jadi Stafsus Presiden

"Dalam situasi seperti ini menempatkan capres dan cawapres sepertinya memperebutkan efek ekor jas," kata Hasto di Jakarta, Kamis, 6 Oktober 2022.

PSI pasang baliho Ganjar Pranowo.

Photo :
  • Dok. PSI.
Grace Natalie Dipanggil Jokowi ke Istana, Bilang Ada Penugasan dari Presiden

Hasto juga menerangkan, bahwa jawaban Ganjar adalah tetap menunggu keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait pencapresan. Sebab, Ganjar adalah kader PDIP yang taat pada Megawati. Apalagi, bagi PDIP, capres itu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

"Mencalonkan capres dan cawapres bukan untuk melakukan dansa elektoral, bukan juga untuk memperebutkan efek ekor jas. Namun juga dilakukan dengan penuh kesadaran terhadap masa depan. Oleh karenanya siapapun yang akan dicalonkan dipastikan mereka telah diberikan gemblengan sebagai calon pemimpin," kata Hasto.

PSI Jakarta Buka Pendaftaran Pilkada 2024, Jaring Kandidat Potensial Maju Pilgub

Hasto menegaskan, bagi PDIP, sudah jelas Ganjar mengatakan dirinya merupakan kader PDIP. Karena itu, keputusan soal capres dan cawapres diserahkan sepenuhnya kepada ketua umum.

“Ya dengan jawaban dari Pak Ganjar itu ya seharusnya tata krama dalam demokrasi dapat dihormati, Pak Ganjar kan sudah memberikan jawaban yang sangat tegas bahwa beliau adalah kader PDI Perjuangan,” ujarnya.

Ganjar Pranowo di Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Andrew Tito

Hasto melanjutkan, bahwa calon pemimpin itu harus dipastikan telah mendapatkan gemblengan langsung dari Megawati Soekarnoputri. Megawati, kata Hasto, menginginkan agar calon pemimpin yang digembleng memiliki kesadaran ideologi, dan tanggungjawab yang kuat bagi bangsa dan negara.

"Ibu Megawati melakukan kaderisasi partai dan ketika itu diumumkan, itu betul betul menjadi hasil perenungan bagi masa depan bangsa dan negara," imbuhnya.

Sebelumnya, PSI mendeklarasikan Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDIP sebagai Capres 2024. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, menyebut terpilihnya nama Ganjar merupakan hasil forum Rembuk Rakyat yang sudah diselenggarakan sejak akhir Februari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya