Jelang Lebaran, 65% Tiket Kereta di Medan Ludes Terjual

Sejumlah calon penumpang melakukan pemesanan tiket kereta api.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Penjualan tiket kereta api di Medan, Sumatera Utara, keb eberapa tujuan sudah 65 persen ludes terjual. Tiket tersebut habis untuk keberangkatan arus mudik Lebaran 2018, yang masih tiga pekan ke depan.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Humas PT KAI Divre Sumatera Utara-Aceh, Sapto Hartoyo mengatakan, pesanan tiket Lebaran yang sudah full booking tersebut, rata-rata adalah kereta kelas ekonomi jurusan Medan-Tanjung Balai, Medan-Kisaran, dan Medan-Pematang Siantar.

Menurut dia, sudah ramainya pesanan tiket kereta ekonomi untuk beberapa jurusan tersebut terjadi sebelum Ramadan tiba. Sedangkan untuk tiket kereta kelas bisnis dan eksekutif masih tersedia.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

"Untuk tiket kereta bisnis dan eksekutif jurusan Medan-Tanjung Balai dan Medan-Ranto Prapat, saat ini masih banyak tersedia. Ini tersedia, karena tiket lebih, mahal sehingga tak banyak dipilih untuk mudik," jelas Sapto, Jumat 25 Mei 2018.

Kereta api melintas di pinggir pantai jalur Pantura Ketanggan, Gringsing, Batang

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

Sapto mengungkapkan, untuk masa mudik Lebaran 2018, pihaknya menyediakan tiket sebanyak 166.848 tiket untuk tujuan menengah dan jauh. Pihaknya, juga menambahkan gerbong dan ditargetkan tumbuh dua persen tahun ini.

Lebih lanjut, Ia mengakui, sejak dibukanya tiket mudik Lebaran satu bulan yang lalu, PT KAI Divre Sumut-Aceh, memperkirakan pemesanan tiket kereta kelas ekonomi akan habis dua minggu ke depan.

"Dan, untuk kelas bisnis, serta eksekutif dipastikan tiket masih tetap tersedia dari Medan," ujarnya.

Laporan: Zulfahmi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya