8 Kontrak Jual Beli Gas US$ 908 Juta Diteken

Pipa penyaluran gas
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Sebanyak delapan kesepakatan bisnis penjualan gas pipa untuk konsumen dalam negeri ditandatangani.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Perjanjian jual beli gas dengan volume total 177,57 tbtu (trillion Bristish thermal unit) tersebut diperkirakan mendatangkan pendapatan kotor senilai US$ 908,73 juta.

"Ada tiga kontrak yang pembelinya adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Gas tersebut akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan ke industri di sekitar wilayah operasi mereka," kata Kepala BP Migas R Priyono dalam keterangan pers di sela pertemuan Indonesia Petroleum Association di JCC, Jakarta, Selasa 18 Mei 2010.

Data BP Migas menunjukkan, delapan perjanjian jual beli itu dilakukan antara Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi Sumatera Selatan dan PT Pembangunan Kota Batam dengan PT JOB Pertamina-Talisman Jambi Merang, serta PT Gresik Migas dengan Kodeco Energy Co Ltd, CNOOC Madura Ltd, dan Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore.

Lima kesepakatan bisnis penjualan gas lain ditandatangani oleh Herinson Irian dengan PetroChina International Bermuda, Chevron Pacific Indonesia dengan JOB Pertamina Talisman-Jambi Merang, PT Perusahaan Gas Negara Tbk dengan PHE ONJW, Konsorium Pertamina Gas dan PT Medco Gas dengan JOB-Medco Simenggaris, dan satu lagi kesepakatan pembelian yang dilakukan PHE ONWJ.

Menurut Priyono, perjanjian jual beli itu masih membutuhkan waktu sekitar enam tahun untuk bisa sampai pada tahap eksplorasi. "Kalau sudah diketahui keekonomisannya baru bisa dikembangkan," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Minyak Bumi dan Gas (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Evita Legowo menambahkan, saat ini proses perjanjian jual beli baru sampai pada tahap eksplorasi.

Kegiatan ini diperkirakan membutuhkan waktu hingga 3 kali 2 tahun ke depan. "Kegiatan ini bisa diperpanjang lagi kalau diperlukan," tuturnya.

Evita mengaku belum bisa memperkirakan besarnya penerimaan negara yang bisa diperoleh dari perjanjian jual beli tersebut. Namun, jika melihat dari signature bonus, diperkirakan potensi cadangan migas masih ada.

"Potensi ada, tapi tidak besar. South Mandar Block potensi banyak sekali," kata dia. (hs)

arinto.wibowo@vivanews.com

Pemain PSIS Semarang, Lucao Moreira

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

PSIS Semarang sukses kantongi kemenangan 3-0 atas Persikabo 1973 dalam pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jateng, Jumat 26 April 2024 sore.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024