MA Anulir Aturan Taksi Online, Menhub Janji Akan Cari Solusi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berjanji akan menyelesaikan persoalan dianulirnya sejumlah pasal dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Kemenhub Perkirakan Puncak Arus Mudik Lebaran pada 8 April 2024

“Kami bisa mencarikan solusi, supaya masyarakat jangan resah. Kami ingin agar masyarakat itu tenang, dan tidak perlu resah,” ujar Budi di Jakarta, Rabu 23 Agustus 2017.

Sebelumnya, Mahkamah Agung menganulir sejumlah pasal di Permenhub yang mengatur soal taksi online. Salah satunya, mengenai pasal yang mengatur tarif dan kuota layanan taksi berbasis online, yang telah ditetapkan oleh otoritas perhubungan melalui aturan tersebut.

Syarat Lengkap Ikut Mudik Motor Gratis Kemenhub

Dalam putusannya, MA memandang aturan tersebut telah bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, yakni, bertentangan dengan prinsip demokrasi ekonomi yang berkeadilan, dan kesepakatan antara pengguna jasa dengan usaha angkutan sewa khusus.

MA menyayangkan penyusunan regulasi tersebut karena dianggap tidak didasarkan pada asas musyawarah dan mufakat seluruh pemangku kepentingan terkait. Meski demikian, Menhub tetap mengapresiasi putusan MA. “Intinya, kami menghargai keputusan itu, tapi kami juga ingin masyarakat tenang,” katanya.

Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis di Lebaran 2024, Catat Tanggalnya

Menurut dia, Kemenhub akan mengumpulkan para pemangku kepentingan terkait untuk melakukan konsolidasi. Menhub meminta agar seluruh elemen masyarakat tidak khawatir, karena pemerintah akan terus berupaya mencari jalan tengah untuk menciptakan keadilan.

“Kami akan konsolidasi dengan MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia), ahli hukum, supaya masyarakat jangan resah. Kita memiliki waktu tiga bulan, sebelum keputusan MA aktif. Setelah dua minggu akan saya sampaikan.” (mus)

Posko mudik gratis di Terminal Depok

Warga Serbu Posko Mudik Gratis di Terminal Depok, Sepekan Sudah Tercetak 5.000 Tiket

Warga Kota Depok dapat menikmati fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah. Tahun ini Kementrian Perhubungan menyediakan 30.088 tiket bagi warga yang ingin mudik.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024