Inggris Bersiap Peringati 60 Tahun Penobatan Ratu Elizabeth

Pembukaan Olimpiade London 2012
Sumber :
  • REUTERS/Pool

VIVAnews - Peringatan 60 tahun penobatan Ratu Elizabeth sebagai Ratu Inggris akan ditandai dengan sebuah perayaan istimewa di Gereja Westminster Abbey pada Juni mendatang.

Seperti dikutip dari Daily Mail, 28 Januari 2013, acara ini akan dihadiri oleh Ratu Elizabeth sendiri, Pangeran Philip, dan anggota kerajaan Inggris lainnya. Acara ini diprediksi akan dipadati oleh ribuan orang yang akan memenuhi jalan-jalan di London untuk dapat menyaksikan acara tersebut dari dekat.

Acara tersebut merupakan salah satu perayaan puncak dari peringatan penobatan ratu yang diadakan tahun ini, selain festival empat hari yang akan diadakan di Istana Buckingham pada bulan Juli.

Juru bicara Istana Buckingham mengatakan acara yang berlangsung di Westminster Abbey akan diadakan pada 4 Juni mendatang, beberapa hari setelah peringatan 60 tahun penobatan ratu yang kemudian akan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Selain itu, kursi yang digunakan ketika ratu dinobatkan sebagai pemimpin Inggris akan turut dipamerkan.

Ratu Elizabeth dinobatkan sebagai Ratu Inggris pada 2 Juni 1953, saat berusia 25 tahun, menggantikan sang ayah, Raja George VI yang wafat 6 Februari 1952. Prosesi penobatannya tersebut disaksikan lebih dari 8.000 pasang mata di gereja Westminster Abbey.

Menurut BBC, lebih dari 3 juta orang memadati jalan di London kala itu untuk dapat melihat sekilas pemimpin kerajaan Inggris yang baru ketika Ratu Elizabeth berangkat menuju Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth mengenakan mahkota St Edwards yang dipasangkan oleh Uskup Agung Canterbury, Dr. Geoffrey Fisher. Dalam sebuah siaran di radio, Ratu Elizabeth ketika itu mengatakan akan mengabdikan seluruh hidup dan bekerja dengan sepenuh hati bagi rakyat Inggris. (eh)

Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Epy Kusnandar Ditangkap di Warung
Masjidil Haram

Masjidil Haram dan Nabawi Gunakan Teknologi Canggih Atur Suhu Ruangan Agar Jemaah Haji Nyaman

Teknologi canggih mengatur suhu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi guna memastikan jemaah nyaman dan sehat.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024