Korut Sukses Uji Coba Mesin Roket Baru

Militer Korea Utara.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memantau langsung uji coba mesin roket baru bertenaga tinggi untuk dipasangkan pada senjata terbarunya dalam upaya meningkatkan program senjata nuklir.

Penyakit Misterius Warga Korea Utara, Diduga Terpapar Radiasi Nuklir

Menurut Reuters, Selasa, 20 September 2016, setelah melihat pengujian di situs stasiun peluncuran satelit negara di Sohae, Kim meminta para pejabat, ilmuwan dan teknisi agar segera 'melengkapi persiapan untuk peluncuran satelit segera mungkin'.

"Pemimpin Agung Kim Jong-un mengunjungi Sohae Space Center untuk memandu pengujian mesin jet baru berdaya tinggi untuk membawa satelit geostasioner. Ia menyatakan sangat puas," bunyi media milik Korea Utara, KCNA.

Presiden Korsel Perintahkan Pembalasan Jika Korut Lakukan Provokasi

Stasiun Sohae adalah stasiun roket terantar di mana menjadi saksi bisu kesuksesan peluncuran satelit pada Februari lalu, serta beberapa roket lainnya.

Mesin roket bertenaga besar tersebut akan menjadikan Korea Utara sebagai negara yang mampu meluncurkan berbagai jenis satelit, termasuk satelit observasi bumi standar dunia.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Kim juga menyerukan agar peluncuran roket dilakukan lebih banyak lagi, karena hal itu menjadikan negeri itu 'pemilik satelit geostasioner dalam beberapa tahun ke depan'.

Sementara Juru Bicara Militer Korea Selatan, Jeon Ha-gyu, mengatakan tes ini untuk menguji kinerja mesin jet baru yang akan dipasang untuk misil jarak jauh.

Sebuah citra satelit pada Sabtu, 17 September 2016, memperlihatkan telah terjadi persiapan untuk tes mesin jet, termasuk crane berat selama mesin vertikal dan tempat penampungan yang menjadi 'rumah' mesin roket.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya