Indonesia Sesalkan Korea Utara Sesumbar Rudal Baru

Siaran peluncuran balistik misil G20 oleh Korea Utara
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia menyesalkan uji coba peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korea Utara pada tanggal 4 Juli 2017. Apalagi arahnya sengaja diatur ke negara Jerman yang akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara atau KTT G-20. Indonesia menilai tindakan tersebut tidak sejalan dengan semangat perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Tindakan uji coba rudal Korut bertentangan dengan kewajiban terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB, khususnya resolusi 2270 (2016), 2321 (2016) dan 2356 (2017).

"Indonesia mendesak Korea Utara agar sepenuhnya memenuhi kewajiban internasional termasuk melaksanakan sepenuhnya resolusi DK PBB," demikian keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri, Rabu 5 Juli 2017.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Selain itu Indonesia juga mengimbau kepada semua pihak untuk menahan diri guna menghindari munculnya ketegangan di kawasan karena posisi Semenanjung Korea sangat penting. Presiden Jokowi diketahui juga akan hadir di pertemuan G-20 tersebut.

"Indonesia mengajak semua negara untuk berkontribusi terhadap penciptaan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," demikian rilis tersebut.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Korut meluncurkan rudal balistik dari wilayah barat ke laut lepas di pantai timur. Rudal tersebut terbang selama sekitar 40 menit dan mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang. Rudal tersebut terbang sekitar 930 Kilometer dan diklaim bisa diluncurkan antarbenua.

Kim Ki Nam (Doc: BBC Internasional)

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

Mantan ahli propaganda Korea Utara, Kim Ki Nam dinyatakan meninggal dunia, pada Rabu, 8 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024