Selain Marawi, Singapura dan Asia Timur Juga Sasaran ISIS

Warga Marawi Filipina pasca serangan teror kelompok pro-ISIS baru-baru ini.
Sumber :
  • Reuters/Erick de Castro

VIVA.co.id – Kelompok teroris ISIS di Marawi, Filipina, diduga tengah mempersiapkan para militan untuk melakukan serangan serupa di Singapura dan negara-negara Asia Timur. Kelompok itu dijalankan oleh Bahrumsyah, seorang militan asal Indonesia di Suriah, dan mantan dosen asal Malaysia bernama Mahmud Ahmad, yang diketahui sebagai perekrut calon militan.

Mengenal Menara 22, Pos Militer Terdepan Tempat 3 Tentara Amerika Mati Mengenaskan

"Operasi Marawi menerima pendanaan langsung dari pusat ISIS dan melakukan serangkaian komando yang dijalankan dari Suriah melalui Filipina ke Indonesia dan sekitarnya," tulis laporan Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC), yang dikutip Straits Times, Jumat 21 Juli 2017.

Seperti diketahui pada akhir Mei lalu, ratusan pria bersenjata dari dua kelompok yang terkait dengan ISIS menyerang Marawi, sebuah kota berpenduduk mayoritas muslim di Filipina selatan dengan jumlah penduduk lebih dari 200 ribu orang.

Satu Tewas dalam Serangan Pria Bertopeng di Gereja Katolik Istanbul, Pelaku Teridentifikasi ISIS

Mereka merebut sebagian besar kota dan memaksa evakuasi seluruh penduduknya dan melawan brigade tentara Filipina. Gerilyawan tersebut menggunakan taktik perang yang mereka dapatkan dari jihadis yang kembali dari Timur Tengah.

Menurut laporan IPAC, meski lebih dari 400 anggota ISIS telah terbunuh namun Marawi telah memberi prestise ekstremis Filipina di mata anggota ISIS lainnya dan mendorong ekstremis muda dari seluruh wilayah untuk ikut  bergerak.

5 Kelompok Islam yang Ditakuti Amerika dan Israel, Termasuk Hamas dan Houthi

Salah satu unggahan yang ramai dibagikan melalui aplikasi Telegram yaitu adanya arahan mendesak militan untuk  menyerang sasaran yaitu Singapura, Thailand, Myanmar, Korea Selatan, Jepang dan China. (ren)
 

Free Syrian Army atau Tentara Bebas Suriah (FSA)

Militer Dukungan AS Tunjuk Eks-Anggota ISIS Jadi Komandan Pasukan Tentaranya

Salem Turki al-Antari berasal dari kota kuno Palmyra di Suriah. Dia bergabung dengan ISIS pada tahun 2014, dengan julukan Abu Saddam al-Ansari. Kelompok ekstremis i

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024