Malaysia Sesali Terbaliknya Bendera Indonesia

Bendera Merah Putih Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pertemuan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, dengan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, sudah selesai. Keduanya bertemu dan bicara di hadapan media terkait insiden gambar bendera terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017.

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

Secara terbuka, Khairy minta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia. Dia mengaku hal tersebut sebagai kelalaian pihak penyelenggara dan bisa berimbas buruk terhadap hubungan bilateral Indonesia-Malaysia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Sri Anifah Haji Aman, mengeluarkan pernyataan tertulis yang menjelaskan permintaan maaf dari Pemerintah Malaysia. Berikut isi pernyataan tersebut, Minggu 20 Agustus 2017.

Top Trending: Jemaah Umrah Alami Keajaiban di Masjid Nabawi, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Atas nama Pemerintah Malaysia, Kementerian Luar Negeri ingin mengungkapkan penyesalan atas kesalahan yang tidak disengaja yang dibuat oleh Malaysian Organizing Committee (MASOC) atas publikasi salah bendera Indonesia dalam buklet suvenir resmi dari upacara pembukaan Sea Games ke-29, yang diselenggarakan kemarin, 19 Agustus 2017.

Serta, atas nama Pemerintah Malaysia, kami ingin menyampaikan permintaan maaf kami kepada Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia. Dalam hal ini, kami ingin meyakinkan Pemerintah Republik Indonesia bahwa segala tindakan telah diambil untuk mengatasi situasi yang tidak menguntungkan ini.

Sosok Kapolda Perempuan Pertama, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Yang Terhormat Brigjen Khairy Jamaludddin, atas nama panitia penyelenggara telah bertemu dengan rekannya, Yang Mulia Bapak Imam Nahwari, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia untuk menjelaskan kesalahan yang disesalkan dan menyampaikan permintaan maafnya atas nama MASOC.

Malaysia menekankan pentingnya hubungan persaudaraan yang dekat dan mengakar dengan Indonesia. Memang, peringatan 60 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini adalah kesempatan yang telah kita investasikan untuk mendedikasikan diri kita kepada nilai-nilai bersama, budaya dan tujuan kita dalam semangat.

Inilah yang kita harapkan dan percayai bahwa kedua negara akan terus berinteraksi erat dan dengan demikian, memperkuat hubungan antara kami dan di dalam wilayah yang bersangkutan secara keseluruhan.

Dato' Sri Anifah Haji Aman
Menteri Luar Negeri Malaysia
Putrajaya

20 Agustus 2017


Sementara itu, Menpora Malaysia pun memutuskan untuk memenuhi permintaan pemerintah Indonesia, yaitu menarik buku panduan SEA Games 2017 yang berisi bendera Indonesia yang terbalik dan menggantinya.

Permintaan maaf ini sudah diterima oleh Menpora Imam. Imam meminta seluruh pihak bisa bersikap arif dalam menyikapi kasus ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya