Sosok Lisa Rumbewas, Legenda Angkat Besi Indonesia Peraih 3 Medali Olimpiade

Lifter legendaris Indonesia asal Papua, Lisa Rumbewas
Sumber :
  • X: @WeightliftingID

Jakarta – Kabar duka datang dari cabang angkat besi Indonesia. Lifter peraih tiga medali Olimpiade asal Papua Lisa Rumbewas meninggal dunia di RSUD Jayapura Minggu 14 Januari 2024 pukul 03.00 WIT.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Atlet kelahiran 10 September 1980 itu merupakan anak dari binaragawan terbaik Indonesia Levi Rumbewas dan lifter putri Indonesia Ida Korwa. Keluarga ini pun dikenal sebagai keluarga atlet sekaligus perintis angkat besi di Bumi Cendrawasih.

Lifter legendaris Lisa Rumbewas

Photo :
  • Antara
Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Informasi dihimpun dari sejumlah sumber Minggu, 14 Januari 2024 sore, Lisa dikenal sebagai salah satu lifter yang konsisten mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Perempuan yang tutup usia di umur 43 tahun itu pertama kali mendapatkan medali perak pada debutnya di Olimpiade 2000 Sydney di kelas 48 kg putri.

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

Setelah itu, prestasinya kian mentereng. Dia kembali meraih medali yang sama di Olimpiade 2004 Athena pada kelas 53 kg putri.

Untuk ketiga kalinya Lisa kembali menyabet medali, kali ini dia meraih perunggu dari kelas 53 kg putri Olimpiade Beijing 2008.

Medali tersebut diberikan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang diwakili Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) pada 3 Desember 2017 di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta.

Lisa dinyatakan berhasil meraih perunggu dalam turnamen tersebut setelah atlet asal Belarusia Nastassia Novikava terbukti menggunakan doping turinabol dan stanozol sehingga medalinya dicabut.

Lisa Rumbewas ketika tampil di Olimpiade 2008 Beijing

Photo :
  • Zimbio.com

Dengan itu, Lisa yang sebelumnya ada di posisi 4 dengan total angkatan 206 kg, secara otomatis merebut posisi ketiga.

Bukan cuma mentereng di Olimpiade. Lisa juga pernah mendapat medali di berbagai ajang lain, seperti meraih perak di SEA Games Kuala Lumpur 2001 dalam kelas 48 kg putri.

Lalu, meraih perunggu di Asian Games Busan 2002 dalam kelas 48 kg putri dan raih perak di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 Santo Domingo dalam kelas 53 kg putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya