Kapolda Akan Perhatikan Keluhan Pemilik Motor

VIVAnews – Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya Inspektur Jenderal Wahyono mengatakan semua keberatan pemilik sepeda motor terhadap kewajiban menyalakan lampu di siang hari (light on) pada waktu berkendara di jalan raya tetap akan menjadi perhatian polisi.

“Tapi kami tetap melaksanakannya karena sesuai dengan yang diamanatkan UU Nomor 25 Tahun 2009,” kata Wahyono di Polda Metro Jaya pada Jumat 4 Desember 2009.

Dia mengatakan menyalakan lampu sepeda motor tujuannya untuk membuat pengendara lainnya lebih berhati-hati sehingga kecelakaan lalu lintas dapat dicegah.

Sebelumnya VIVAnews memberitakan sebagian anggota masyarakat pemilik sepeda motor mempertanyakan relevansi kewajiban menyalakan lampu di siang hari.

"Pentingnya apa menyalakan lampu dengan keselamatan pengguna jalan," ujar Khairul, 25 tahun, pengendara motor yang ditemui di Jalan S Parman, Jakarta Barat.

Menurutnya, kewajiban menyalakan lampu motor pada siang hari justru merupakan pemborosan energi dan merusak lampu motor.

Hal senada juga disampaikan pengendara motor lainnya, Kris, 23 tahun. "Padahal enggak ada pengaruhnya lampu motor dinyalakan siang hari," kata dia.

Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Katon Pinem mengatakan menyalakan lampu di siang hari tidak akan memboroskan energi aki atau memutuskan lampu sepeda motor.

"Sudah ada kajian soal itu. Dan kalau sering dilakukan perawatan tentunya tidak akan berpengaruh pada accu dan lampu," kata dia.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Serial Secret Ingredient

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe

Sebagai infomasi, Nicholas Saputra berperan sebagai Chef Arif yang berada dalam pusaran konflik antara Ha-Joon (Sang Heon Lee) dan Maya (Julia Barretto).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024