Semua Kuburan di DKI Dipermak Jadi San Diego

VIVAnews - Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta akan mendesain sebanyak 96 kuburan menjadi taman sehingga fungsinya sekaligus menjadi daerah resapan air. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk proyek ini.

“Sehingga lahannya tidak hanya untuk tempat kuburan, namun juga daerah resapan air layaknya taman kota,” kata Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Ery Basworo pada Kamis 10 Desember 2009.

Saat ini di Jakarta terdapat sebanyak 96 kuburan, antara lain di Pondok Rangon, Semper, Pondok Kelapa, Karet Bivak, dan Kampung Kandang.

Ery mengatakan konsep revitalisasi kuburan ini akan meniru taman pemakaman San Diego Hill di Karawang Barat.

Selain ditanami pohon, kata dia, pemakaman umum ini juga akan dihiasi dengan air mancur dan tempat duduk taman untuk para pengunjung.

“Kami akan ubah kesan yang angker menjadi indah,” kata Ery.

Proyek ini merupakan aplikasi dari Undang-Undang No 26 tahun 2007 Tentang Penataan Ruang pasal 9 Ayat 1 tentang syarat ruang terbuka hijau (RTH) 30 persen.

Ery mengatakan selain menyulap kuburan menjadi taman, pemerintah juga akan mendesain tepi sungai, pantai, jalan tol, rel kereta api, dan sutet menjadi ruang hijau.

Lahan-lahan ini, kata dia, merupakan alternatif penambahan ruang terbuka hijau karena untuk membebaskan lahan di Jakarta sangat sulit.

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini
Bitcoin dan aset kripto.

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

 Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengungkapkan telah memungut pajak transaksi aset kripto sebesar Rp112 miliar selama 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024